iPhone 16 Rilis, Huawei Tak Ketinggalan Rilis HP Layar Lipat Tiga Pertama di Dunia

Huawei meluncurkan Mate XT, HP lipat tiga dengan layar 10,2 inci dan ketebalan hanya 3,6 mm. Dilengkapi fitur AI dan kamera 50 MP.

iPhone 16 Rilis, Huawei Tak Ketinggalan Rilis HP Layar Lipat Tiga Pertama di Dunia
iPhone 16 Rilis, Huawei Tak Ketinggalan Rilis HP Layar Lipat Tiga Pertama di Dunia. Gambar : Pikiranrakyat

BaperaNews - Huawei baru saja meluncurkan hp lipat tiga yang diberi nama Huawei Mate XT. Perangkat ini hadir dengan layar berukuran 10,2 inci yang bisa dilipat tiga. Menariknya, ketebalan perangkat ini hanya 3,6 mm, menjadikannya sebagai HP lipat tiga paling tipis yang ada di pasaran saat ini.

Huawei Mate XT dijual dengan harga mulai dari 19.999 yuan (sekitar Rp43 juta) untuk kapasitas penyimpanan 256 GB. Jika kamu menginginkan kapasitas yang lebih besar, ada pilihan 512 GB seharga 3.089 dolar AS (sekitar Rp47 juta) dan 1 TB yang dibanderol 3.370 dolar AS (sekitar Rp52 juta). 

Acara peluncuran Huawei Mate XT berlangsung beberapa jam setelah Apple merilis seri iPhone 16, yang terdiri dari iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. 

Dalam peluncuran tersebut, Direktur Pelaksana Huawei, Richard Yu, menyatakan.

"Hari ini kami membawa produk yang sudah banyak dibayangkan orang tetapi tidak bisa dibuat. Tim kami telah bekerja keras selama 5 tahun tanpa menyerah," ungkapnya. 

Huawei Mate XT juga dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan pengguna untuk merangkum teks, menerjemahkan, dan menyunting secara langsung.

Baca Juga: iOS 18 Akan Rilis 16 September 2024!

Fitur ini didukung oleh chip buatan Huawei yang bernama Kylin. Dengan adanya teknologi AI ini, Huawei Mate XT tidak hanya sekadar HP lipat tiga, tetapi juga menjadi alat yang multifungsi untuk berbagai kebutuhan sehari-hari.

Namun, meskipun Huawei sudah menerima pre-order lebih dari 4 juta unit untuk Huawei Mate XT. Hal ini disebabkan oleh kebijakan Huawei yang tidak mewajibkan uang muka untuk pre-order. 

"Permasalahan produksi dan harga yang mahal berarti HP baru ini tidak akan berdampak besar ke pengiriman," jelas Will Wong. 

Huawei Mate XT dibekali dengan tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP, ultrawide 12 MP, dan periskop 12 MP. Di bagian depan, terdapat kamera 8 MP yang terletak di layar paling kiri saat perangkat sepenuhnya terbuka.

Dengan spesifikasi kamera yang mumpuni, Huawei Mate XT jelas menawarkan kemampuan fotografi yang sangat baik bagi penggunanya.

Baca Juga: Smartphone Itel A80 Resmi Rilis di Indonesia, Punya Kamera 50 MP dengan Harga Rp1 Jutaan