Menpora: Arena E-sport Jadi Venue Terbaik di PON XXI 2024

Menpora Dito Ariotedjo apresiasi venue e-sport di PON XXI 2024. Medan International Convention Center hadirkan kemegahan untuk turnamen e-sport.

Menpora: Arena E-sport Jadi Venue Terbaik di PON XXI 2024
Menpora: Arena E-sport Jadi Venue Terbaik di PON XXI 2024. Gambar : Kompas/Bill Clinten

BaperaNews - Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh-Sumatera Utara telah resmi memperkenalkan cabang olahraga e-sport, yang langsung mencuri perhatian banyak orang.

Meski ini adalah kali pertama e-sport diakui secara resmi dalam ajang bergengsi ini, respons yang diberikan sangat positif. Tidak hanya para gamer, tetapi juga masyarakat umum.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memberikan apresiasi tinggi kepada venue yang dipilih untuk menyelenggarakan pertandingan e-sport. Ia menyatakan bahwa Medan International Convention Center (MICC) merupakan venue terbaik yang ada di PON XXI 2024.

"Saya mengapresiasi (Pengurus Besar Esports Indonesia/PBESI), mungkin saya bisa bilang ini (MICC) merupakan desain venue terbaik yang ada di PON XXI 2024," ujar Dito saat acara pembukaan.

Pujian Menpora terhadap MICC bukan tanpa alasan. Venue ini memiliki desain yang megah dan menarik, berbeda dengan tempat-tempat lain yang ada di Aceh dan Sumatera Utara. Dengan bangunan yang luas dan fasilitas modern, MICC siap menyuguhkan pengalaman bagi semua yang hadir.

Dalam ajang e-sport, venue ini akan menampilkan tujuh nomor pertandingan seperti Mobile Legends, Free Fire, dan PUBG Mobile.

Baca Juga: Dianggap Gagal di Olimpiade 2024, Menpora Dito Ariotedjo Siap Bertanggung Jawab

Saat mengunjungi arena, terlihat jelas kemewahan yang ditawarkan. Ballroom besar yang menjadi tempat pertandingan dikelilingi oleh lampu warna-warni yang menambah suasana. Di bagian panggung utama, terdapat layar besar yang akan menayangkan aksi para atlet e-sport kepada para penonton.

Desain yang mengutamakan kenyamanan, tempat duduk para atlet diletakkan sedemikian rupa agar mudah dilihat oleh penonton.

Selain itu, area penonton pun dirancang dengan baik. Kursi-kursi berwarna putih yang tertata rapi menambah keindahan venue. Di atas area penonton, lampu gantung yang megah semakin menegaskan suasana mewah yang dihadirkan oleh PON XXI 2024 untuk cabang e-sport. 

Di luar panggung utama, terdapat beberapa area tambahan yang disediakan untuk kenyamanan pengunjung.

Misalnya, ada area nonton bareng yang dilengkapi dengan layar besar, serta area makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan penonton. Area promosi bagi para sponsor juga disiapkan sehingga mereka bisa menunjukkan dukungan terhadap perkembangan e-sport di Indonesia.

Baca Juga: Menpora Buka Suara Soal JIS Tak Jadi Tempat Pembukaan Piala Dunia U-17