PSSI Pasang Target Bisa Daftarkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bisa Main Lawan China dan Bahrain

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menargetkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dapat membela timnas Indonesia pada dua laga tandang kualifikasi Piala Dunia 2026.

PSSI Pasang Target Bisa Daftarkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bisa Main Lawan China dan Bahrain
PSSI Pasang Target Bisa Daftarkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bisa Main Lawan China dan Bahrain. Gambar : Kolase Instagram/@erickthohir

BaperaNews - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menargetkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dapat membela timnas Indonesia pada dua laga tandang di Grup C Putaran Ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pertandingan melawan Bahrain dan China dijadwalkan berlangsung pada Oktober 2024. Erick Thohir mengungkapkan bahwa upaya untuk menyelesaikan proses naturalisasi kedua pemain tersebut perlu dilakukan dalam waktu dekat agar bisa didaftarkan pada rentang 20-24 September 2024.

Erick Thohir, saat ditemui setelah menyaksikan final sepak bola putri Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024, menjelaskan pentingnya proses ini.

"Tanggal 20 sampai 24 September kami masih ada waktu 4-5 hari untuk coba me-register," kata Erick Thohir.

"Karena kalau lewat dari tanggal 24, mereka tidak bisa main pada Oktober," tambahnya.

Proses ini menjadi krusial untuk memastikan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bisa tampil dalam pertandingan penting tersebut.

Keduanya, yang saat ini bermain di Eredivisie Belanda, telah mendapatkan persetujuan dari Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, serta Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Supratman Andi Agtas.

Baca Juga: Boaz Solossa, Eks Penyerang Timnas Disanksi PSSI Usai Pukul Panpel Laga Persipura Vs Rans Nusantara FC

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders memiliki keturunan Indonesia dari ibu mereka, yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara dan Maluku. Proses naturalisasi mereka melibatkan beberapa tahap administratif yang perlu diselesaikan sebelum dapat diumumkan resmi.

Pada 17 September 2024, kedua pemain dijadwalkan untuk menjalani rapat dengan wakil Komisi X DPR RI. Setelah rapat tersebut, Mees dan Eliano harus mengikuti proses di Komisi III DPR RI.

Jika memperoleh persetujuan dari kedua komisi, proses naturalisasi akan berlanjut ke Kementerian Sekretariat Negara (Mensesneg) untuk mendapatkan surat keputusan dari Presiden. Setelah itu, mereka akan menjalani sumpah di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Erick Thohir menegaskan bahwa dukungan dari berbagai pihak penting untuk memastikan keberhasilan proses ini.

"Kami tunggu minggu depan rencana DPR akan men-support. Pak Presiden sudah tanda tangan, Pak Menpora, Pak Supratman Menkumham sudah," ujar Erick Thohir.

"Rencana DPR akan tanggal 17 nanti, lalu 19 paripurna," tambahnya.

PSSI berharap agar semua tahapan administrasi dapat berjalan lancar dan tepat waktu, sehingga Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dapat segera tampil membela timnas dalam laga selanjutnya di kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Baca Juga: Baru Debut, Thom Haye Bantu Almere City untuk Raih Satu Poin di Liga Belanda