WhatsApp Luncurkan Fitur Baru: Kode Rahasia Untuk Buka Chat Lock

WhatsApp merilis fitur terbaru, Kode Rahasia, yang memungkinkan pengguna menyembunyikan obrolan terkunci dengan kode rahasia.

WhatsApp Luncurkan Fitur Baru: Kode Rahasia Untuk Buka Chat Lock
WhatsApp Luncurkan Fitur Baru: Kode Rahasia Untuk Buka Chat Lock. Gambar : beeboom.com

BaperaNews - WhatsApp, baru saja merilis fitur terbaru, yaitu Kode Rahasia untuk membuka obrolan yang terkunci. Fitur baru WhatsApp ini merupakan perluasan dari fitur Kunci Chat atau Chat Lock yang diumumkan oleh perusahaan awal tahun ini.

Pengumuman resmi tentang fitur baru WhatsApp ini datang dari CEO Meta, Mark Zuckerberg. Fitur Kode Rahasia memberikan kemampuan kepada pengguna WhatsApp untuk menyembunyikan obrolan yang terkunci dengan menggunakan kode rahasia.

Hal ini berguna untuk menjaga keamanan pesan-pesan yang berisi percakapan sensitif atau rahasia jika ponsel pengguna berada di tangan orang lain.

Kode rahasia ini dapat berupa frasa atau kata yang dipilih oleh pengguna sendiri. Obrolan yang tersembunyi di balik kode rahasia tidak akan muncul di daftar obrolan utama pada aplikasi.

Pengguna hanya dapat mengakses obrolan tersebut dengan memasukkan kode rahasia di aplikasi WhatsApp.

Proses penggunaan fitur ini cukup sederhana. Pengguna dapat membuka daftar obrolan yang terkunci, kemudian mengetuk titik tiga di bagian kanan atas layar. Selanjutnya, pilih Pengaturan Chat Lock, aktifkan opsi 'Sembunyikan Obrolan yang Terkunci', dan masukkan kode rahasia yang diinginkan.

Baca Juga: WhatsApp Rilis Fitur Voice Chat Tanpa Nada Dering dan Chat Group dengan Kapasitas 128 Anggota

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, obrolan yang dikunci tidak akan muncul di laman chatting utama.

Untuk mengakses obrolan yang terkunci, pengguna hanya perlu menggeser layar obrolan ke bawah. Ini merupakan sebuah pintasan yang memudahkan pengguna dalam mengakses pesan terkunci.

Selain itu, fitur ini dapat diakses menggunakan sidik jari atau ID wajah sebagai metode keamanan tambahan.

WhatsApp menjelaskan bahwa pengguna tidak perlu memasukkan pengaturan obrolan individual untuk mengunci obrolan. Cukup dengan menekan lama obrolan yang diinginkan untuk menguncinya.

Meskipun telah diluncurkan, fitur baru WhatsApp Kode Rahasia ini mungkin akan tersedia secara global dalam beberapa bulan mendatang. Hingga saat ini, belum ada informasi apakah fitur ini juga akan diterapkan pada WhatsApp versi desktop.

Fitur Kode Rahasia diharapkan dapat memberikan kepastian kepada pengguna bahwa pesan-pesan mereka tetap terjaga kerahasiaannya, bahkan jika perangkat mereka berada di tangan orang lain. 

Baca Juga: Fitur Baru Whatsapp: Panggilan Grup Kini Bisa 31 Orang