Simple! Begini Cara Gunakan Fitur Chat Lock WhatsApp

WhatsApp merilis fitur keamanan terbaru sehubungan dengan chat bernama "Chat Lock". Berikut cara menggunakan fitur chat lock WhatsApp.

Simple! Begini Cara Gunakan Fitur Chat Lock WhatsApp
Cara Gunakan Fitur Chat Lock WhatsApp. Gambar : Unsplash.com/Dok. Asterfolio

BaperaNews - Whatsapp resmi luncurkan fitur keamanan terbaru sehubungan dengan pesan atau chat bernama chat lock. Sebelumnya chat di Whatsapp telah dilengkapi fitur end to end encryption yang mampu melindungi chat dari akses orang lain.

Kini Whatsapp merilis fitur chat lock untuk melindungi pesan pengguna secara langsung di ponselnya agar tidak diintip atau dilihat oleh orang lain.

Fitur chat lock WhatsApp ini akan sembunyikan chat yang dipilih untuk diletakkan di sebuah folder, hanya pengguna bersangkutan yang bisa membukanya dengan sidik jari atau pemindaian wajah atau kata sandi.

Chat yang masuk juga tidak muncul di notifikasi seperti biasa, jika ada pesan masuk dari chat yang dilindungi hanya muncul notifikasi “Whatsapp : 1 Pesan Baru”.

Fitur chat lock WhatsApp tidak hanya dipakai untuk chat, namun  juga telepon, obrolan di grup, dan bisa dipakai untuk perangkat lain seperti desktop.

Fitur chat lock WhatsApp ini sebelumnya telah diuji coba dan diluncurkan bertahap. Kini hampir semua pengguna bisa menerapkannya, dengan update aplikasi Whatsapp ke versi terbaru.

Baca Juga : Fitur Chat Lock WhatsApp: Dapat Amankan Pesan Rahasia

Cara Gunakan Fitur Chat Lock WhatsApp 

Langkah yang pertama yang dilakukan ialah memastikan autentikasi pada ponsel yang berada di menu Pengaturan berupa password sidik jari, kata sandi, atau Face ID.

Selanjutnya menyalakan Lock Chat dengan cara:

  • Ketuk chat info – chat lock
  • Klik “Lock this chat” dan pilih jenis penguncian bisa sidik jari atau lainnya
  • Tekan view untuk melihat folder chat yang dikunci

Pesan akan otomatis terkunci dan tidak bisa dibuka orang lain selain pengguna yang bersangkutan. Jika ingin melihat chat yang dikunci langkahnya :

  • Masuk ke tab Chat dan geser layar ke bawah
  • Klik Folder Chat Lock
  • Pindai sidik jari atau metode penguncian lain yang dipilih untuk membuka chat
  • Tekan chat untuk melihat pesan atau mengirim pesan

Cara gunakan fitur chat lock WhatsApp di atas bisa diterapkan untuk semua perangkat baik itu Android, iOS, ataupun desktop. Pengguna bisa kapan saja mengaktifkan ataupun menonaktifkan fitur chat lock ini sesuai kebutuhan.

Demikian cara gunakan fitur chat lock Whatsapp, semoga bisa dipahami dengan mudah dan dipergunakan dengan bijak ya!

Baca Juga : Fitur Baru WhatsApp: Room Chat Bisa Dikunci Pakai Sidik Jari