Facebook Messenger Akan Pensiun dari Apple Watch

Meta, induk perusahaan dari media sosial Facebook mengumumkan akan hentikan layanan Messenger di Apple Watch mulai akhir Mei 2023.

Facebook Messenger Akan Pensiun dari Apple Watch
Facebook Messenger akan pensiun dari Apple Watch. Gambar : Dok. Gizmodo

BaperaNews - Meta, induk perusahaan dari media sosial Facebook mengumumkan akan hentikan layanan Messenger di Apple Watch mulai akhir Mei 2023, maka pengguna tidak bisa lagi mengirim atau membalas pesan Messenger di perangkat Apple Watch mulai waktu tersebut.

Sebuah unggahan di media sosial mengungkap dengan tangkapan layar tentang pemberitahuan tersebut dimana layanan Messenger dinyatakan tidak lagi tersedia di Apple Watch mulai 31 Mei 2023.

“Orang-orang masih bisa berkirim pesan dan menerima notifikasi di Apple Watch mereka untuk saat ini, namun hanya sampai akhir Mei 2023, mulai waktu itu mereka tak bisa lagi merespon dengan jam tangannya. Pengguna masih bisa memakai layanan Messenger melalui desktop, iPhone, atau web” terang Jubir Meta.

Meta tidak menjelaskan dengan detail apa alasan menghentikan layanan Messenger di Apple Watch yang dikenalkan pada tahun 2015 lalu. Selain Messenger, aplikasi lain yang juga telah dihentikan di Apple Watch ialah Twitter, Instagram, Uber, Hulu, Target, Slack, dan Trello.

Baca Juga : Messenger Kembali Jadi Fitur Facebook Usai 9 Tahun Pisah

Apple sekarang ini lebih banyak mempromosikan Apple Watch untuk fitur kesehatan dan kebugaran sebagai fokus fokus utamanya. Isu terbaru menyebut Apple bermaksud menjadikan widget canggih interaktif ini sebagai bagian besar desain ulang Watch OS 10 yang telah ditafsirkan bahwa aplikasi khusus belum bisa populer di perangkat tersebut.

Hal ini seolah bentuk pengakuan bahwa tidak semua aplikasi bisa diterapkan di Apple Watch termasuk Facebook Messenger sebab di perangkat tersebut aplikasi hampir tidak bisa digunakan, jauh lebih nyaman untuk menggunakannya di ponsel atau komputer.

Perubahan ini juga disebut sebagai pembaruan perangkat lunak terbesar yang dilakukan oleh Apple. Sejak Apple memperkenalkan Apple Watch memang lebih banyak fokus pada fitur kesehatan dan kebugaran dan seperti itulah diperkirakan akan terus muncul hingga akhir tahun 2023 ini mengingat bentuknya yang kecil dan lebih cocok untuk aksesoris serta fitur kesehatan, relatif sulit dipakai untuk bermedia sosial atau aplikasi serupa yang lebih rumit dan banyak menu di dalamnya.

Pengguna sendiri juga selama ini cenderung lebih banyak menggunakan Facebook Messenger di ponsel atau web dibanding dengan menggunakannya di Apple Watch kecuali jika untuk melihat notifikasi dan sejenisnya.

Baca Juga : Apple Rilis Fitur Pay Later, Apa Saja Kelebihannya?