Jokowi Bonceng Iriana Pakai Motor Listrik Saat Berkunjung Ke Wakatobi

Presiden Jokowi bonceng istrinya yakni Iriana memakai motor listrik saat berkunjung ke Wakatobi, Sulteng pada Kamis 9 Juni 2022.

Jokowi Bonceng Iriana Pakai Motor Listrik Saat Berkunjung Ke Wakatobi
Presiden Jokowi bonceng istri tercinta Iriana pakai motor listri saat berkunjung ke Wakatobi. Berkunjung ke Wakatobi. Gambar : Kompas.com/Fabian Januarius Kuwado

BaperaNews - Presiden Jokowi mengendarai motor listrik Gesits sambil membonceng istrinya, Iriana ketika berkunjung ke Wakatobi Sulteng pada Kamis 9 Juni 2022. Orang nomor satu di Indonesia tersebut gencar mempromosikan produk kendaraan motor listrik buatan nasional.

Jokowi datang ke Kampung Mola di Wakatobi untuk memberikan sertifikat kepada masyarakat, awalnya ia dan Iriana naik mobil jib terbuka, namun untuk masuk ke lokasi harus memakai motor karena jalan tersebut terbuat dari kayu dan sempit, hanya bisa dilewati satu motor.

Jokowi juga nampak membalas sapaan para penduduk dari rumah mereka. Kampong Mola ialah kampung yang berdiri di atas laut, berada di Pulau Wangiwangi atau disebut Wanci oleh warga setempat, kampung mengapung ini jaraknya 28 km dari Banara Marahora.

Jokowi dan Iriana melintasi jalan tersebut sejauh 1,5 km, setibanya di lokasi, Jokowi lantas menyerahkan sertifikat kepada warga dan melakukan dialog dengan masyarakat setempat. “Simpan semuanya, jangan sampai sertifikatnya hilang” ujarnya.

Aksi boncengan Iriana dan Jokowi ini bukan pertama kalinya, pada tahun 2018 silam keduanya juga datang ke Kabupaten Asmat dengan motor listrik dari WIM Motor.

Baca Juga : Diplomasi Ala Presiden Jokowi, Gowes Sepeda Bareng PM Baru Australia di Istana Bogor

Pada kunjungan kali ini, Jokowi dan Iriana juga sempat datang ke Batang, Jawa Tengah dan mencoba mobil listrik Genesis G80 Electrified. “Tadi saya nyoba mobil listriknya Genesis dari Hyundai, saya kira halus, tak ada suaranya” tuturnya.

Menurut Jokowi, mobil listrik juga bagian dari upaya pemerintah untuk membangun ekosistem besar dari hulu ke hilir. “Mulai dari pertambangan nikel, smelternya, refinerynya, dan pembangunan industri katoda dan prekursornya, baterainya, baterai listriknya, kemudian mobilnya, setelah mobilnya juga ada lagi tambahan recycle baterai listriknya, jadi ini betul-betul dari hulu ke hilir dalam sebuah ekosistem besar yang kita kerjakan” imbuhnya.

Meski saat ini harga mobil listrik di Indonesia masih mahal, Jokowi menyebut di masa mendatang akan semakin terjangkau harganya seiring dengan berkembangnya teknologi. Selain Jokowi dan Iriana yang berkunjung ke Wakatobi, nampak juga Menteri Investasi Pratikno, Dirut PT PP Persero Novel Arsyad, dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam satu mobil.

Erick Thohir Menteri BUMN juga duduk bersama Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya di mobil listrik lainnya serta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan istrinya di mobil listrik berikutnya.