Fenomena Bulan Purnama Pink Akhir Pekan Ini Bisa Dilihat Dari RI

Bulan purnama indah berwarna pink akan menyinari bumi di akhir minggu ini dan dapat dilihat di Indonesia pada Minggu (17/4/22) dini hari.

Fenomena Bulan Purnama Pink Akhir Pekan Ini Bisa Dilihat Dari RI
Ilustrasi Bulan Purnama Berwarna Pink. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Bulan purnama indah berwarna pink akan menyinari bumi di akhir minggu ini mulai Sabtu hingga Senin 16 – 18 April 2022 pagi, fenomena yang disebut pink moon ini hanya bisa dinikmati sesaat saja yakni pukul 01.55 WIB, fenomena ini disebut akan jadi sebuah pemandangan super indah untuk dilihat, sekalipun warnanya tidak akan pink sempurna sebagaimana namanya.

“Dengan kata lain, ini akan jadi akhir pekan dari bulan purnama” tulis Eksekutif Program Direktorat Misi Sains, Gordon Johnston di markas besar NASA hari Kamis 14 April 2022. Di Indonesia, bulan indah ini bisa dilihat pada hari Minggu 17 April 2022 dini hari.

Pink moon secara umum ialah bulan purnama kedua yang terjadi setiap bulan April per tahunnya, disebut menjadi tanda munculnya sebuah lumut warna merah muda atau pink moss, ada juga yang menyebut bersamaan dengan mekarnya sebuah bunga spesies Wild Ground Phlox yang merupakan tanda dimulainya musim semi.

Menurut Earthsky yang fokus pada penelitian tentang alam tata surya, air laut akan berdampak dengan adanya fenomena ini, yakni merasakan gaya tarik ekstra yang hasilnya ialah pasang surut air laut yang tak biasa atau disebut pasang pegas. Jika Anda tinggal di sekitar wilayah pantai, pasang surut diprediksi akan terjadi dalam satu sampai dua hari yang juga bisa beresiko banjir jika dibarengi dengan cuaca ekstrim dimana air di pesisir menjadi sangat tinggi.

Baca Juga: Viral, Video Uang Kertas Dicuci Dan Disetrika Agar Terlihat Baru, Begini Kata BI

Bulan warna pink di Indonesia juga disebut bulan paskah karena hari raya Paskah Yahudi dimulai ketika matahari terbenam di hari Jumat dan terjadi selama delapan hari, pink moon juga membantu menentukan tanggal Paskah.

Sedangkan untuk umat Hindu, adanya pink moon diartikan sebagai hari raya Hanuman Jayanti dimana hari itu ialah hari kelahiran Dewa Hanuman. Jadi Anda bisa menunggu hari Minggu untuk bisa menyaksikannya, jangan lupa untuk bangun di jam perkiraan munculnya pink moon yakni pada dini hari.

Setidaknya Anda akan melihat bulan tampil lebih cerah dari biasanya, pink moon ini bisa Anda lihat dengan mata telanjang, cahayanya tidak terlalu terang sehingga aman dan tidak berbahaya untuk mata.

Baca Juga: Rencana Grand Launching JIS, Anies Baswedan: Bepe Jadi Penendang Bola Pertama