Viral, Video Uang Kertas Dicuci Dan Disetrika Agar Terlihat Baru, Begini Kata BI

Tanggapan BI soal video viral yang memperlihatkan uang kertas yang sedang dicuci dan disetrika agar terlihat baru!

Viral, Video Uang Kertas Dicuci Dan Disetrika Agar Terlihat Baru, Begini Kata BI
Uang Kertas Dicuci Dan Disetrika Agar Terlihat Baru. Gambar: Tangkapan Layar/kompas.com

BaperaNews - Sebuah video memperlihatkan seseorang sedang mencuci sejumlah uang kertas viral di media sosial, dibagikan oleh akun Instagram @pekalonganinfo pada hari Selasa 12 April 2022.

“Uangnya diginiin aja biar bisa kelihatan baru lagi biar anak-anak senang dikasihnya pas lebaran nanti” ujarnya dalam video tersebut.

Uang kertas Nampak direndam dan dicuci, kemudian juga dijemur dan disetrika sebagaimana baju, hal itu disebutkan agar uang kertasnya terlihat seperti baru lagi. Lantas apakah hal ini sudah sesuai? Berikut penjelasan dari Bank Indonesia.

Direktur Komunikasi Bank Indonesia (BI), Junanto Herdiawan menghimbau uang kertas rupiah agar dijaga dengan baik, dengan cara semangat, bangga, cinta, dan paham rupiah.

“Salah satunya itu dengan tidak merusak fisiknya uang, termasuk dengan membasahinya dengan air” ujarnya hari Rabu 13 April 2022.

Jika masyarakat ingin punya uang baru, lanjut Junanto, bisa dengan menukarkan berbagai uang pecahan kertas baru yang sudah disediakan BI dan Bank lainnya di seluruh Indonesia. “Masyarakat bisa ke Bank, atau ke kas keliling BI untuk menukarkan uangnya” lanjutnya. Cukup mudah, tidak perlu harus dicuci atau Disetrika uang yang justru bisa merusak fisiknya.

Baca Juga: Rencana Grand Launching JIS, Anies Baswedan: Bepe Jadi Penendang Bola Pertama

Junanto kemudian menjelaskan apa saja syaratnya menukar uang baru untuk Lebaran tahun 2022 ini yaitu :

-    Dilakukan sesuai jumlah kuota yang tersedia.

-    Dilakukan mulai H-7 sebelum jadwal pelaksanaan penukaran uang.

-    Memesan dengan NIK KTP yang sama tetap boleh dilakukan meski sebelumnya sudah memesan dan menukarkan uang.

Sedangkan sebelum  menukar uang, warga dihimbau untuk menghitung dulu berapa jumlah uang yang ditukarkan, kemudian memilah dan mengelompokkan sesuai dengan besar pecahannya dengan susunan searah agar mempermudah petugas dalam menghitungnya.

Warga juga bisa pesan secara online agar tak perlu antri di lokasi, yakni melalui laman https://pintarbi.go.id dan pilih menu penukaran uang rupiah dari kas keliling, warga bisa memilih lokasi dan jamnya sesuai dengan yang terdekat dengan domisilinya.

Jadi disimpulkan cara mendapatkan uang baru dengan dicuci dan disetrika seperti yang ada dalam video viral tersebut tidaklah benar, cukup tukarkan saja uang yang lama dengan uang kertas baru di Bank seluruh Indonesia.

Baca Juga: Akhirnya! Haji Faisal Resmi Menangkan Gugatan Hak Perwalian Gala Sky