Diplomasi Ala Presiden Jokowi, Gowes Sepeda Bareng PM Baru Australia di Istana Bogor

Sambut Perdana Menteri baru Australia, Anthony Albanese dengan gowes sepeda bareng Jokowi jadi cara diplomasi Jokowi dengan Australia

Diplomasi Ala Presiden Jokowi, Gowes Sepeda Bareng PM Baru Australia di Istana Bogor
Joko Widodo dan Anthony Albanese sedang gowes sepeda bareng, jadi cara diplomasi antar kedua Negara. Gambar : Instagram/@jokowi

BaperaNews - Presiden Indonesia, Jokowi bersepeda bersama Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese di Kebun Raya Bogor pada hari Senin 6 Juni 2022, hal ini disebut sebagai cara diplomasi yang unik.

Jokowi mengajak Albanese bersepeda setelah mereka melakukan kegiatan menanam pohon, kedua pemimpin tersebut kemudian naik sepeda ke Resto Rasa yang ada di dalam kawasan Kebun Raya Bogor.

Jokowi menyampaikan asalan mengapa bersepeda, salah satunya karena cuacanya mendukung. Tak hanya itu, Jokowi juga ingin menyampaikan pesan tentang pentingnya menjaga lingkungan.

“Karena cuacanya bagus dan naik sepeda ini kan ramah lingkungan, saya kira kita harus mulai menyampaikan pesan betapa pentingnya kendaraan yang ramah lingkungan” ujar Jokowi (6/6).

Ia juga menyampaikan bila rute bersepeda tersebut sudah biasa ia lakukan untuk olahraga

“Ini memang rute yang biasa saya pakai untuk olahraga” Sambung Jokowi seperti dilansir baperanews.com

Sementara itu, Anthony Albanese merasa senang bersepeda dengan Jokowi, Ia merasakan pengalaman luar biasa dan sebuah kehormatan, “Itu (bersepeda) ialah pengalaman yang luar biasa dan saya anggap sebagai kehormatan besar bahwa Pak Presiden mengundang saya untuk naik sepeda bambu bersamanya ke tempat yang indah di taman Botani ini” imbuhnya.

Baca Juga : Hari Lingkungan Hidup Sedunia: Anies Baswedan Bersepeda

Albanese juga menyebut kegiatan bersepeda di Kebun Raya Bogor ini merupakan bentuk persahabatan kedua Negara, Jokowi bahkan menawarkan agar sepeda bambunya dibawa ke Australia. “Presiden telah menawarkan kepada saya untuk membawa sepeda itu kembali ke Australia dan Anda akan melihat saya mengendarai satu-satunya sepeda bambu di Canberra, Australia” ujar Anthony Albanese.

Aktivitas bersepeda tersebut, lanjutnya, akan terus terkenang, “Setiap kali saya naik sepeda, saya akan ingat persahabatan dengan Presiden Jokowi” ucap Albanese.

Anthony Albanese sendiri baru dilantik jadi Perdana Menteri Australia pada 22 Mei 2022 lalu, keduanya kemudian melakukan pertemuan bilateral dan tatap muka, dan juga melakukan konferensi pers bersama.

Sepeda bambu yang dipakai dirancang untuk digunakan di jalan raya, karya dari Singgih S. Kartono dari Temanggung, Jawa Tengah.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga membahas sejumlah hal seperti perluasan ekspor ke Australia, kerjasama di bidang kesehatan dan pendidikan, kerjasama bidang energi dan perubahan iklim, serta membahas ketahanan pangan dan implementasi AI-CEPA (Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Uni Eropa).

Albanese dan timnya berangkat dari Australia pada hari Minggu 5 Juni 2022 dan akan berada di Indonesia untuk melakukan sejumlah kegiatan kenegaraan hingga hari ini Selasa 7 Juni 2022.