Hari Lingkungan Hidup Sedunia: Anies Baswedan Bersepeda

Memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2022, Anies Baswedan bersepeda bareng dengan puluhan warga dari komunitas sepeda.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia: Anies Baswedan Bersepeda
Anies Baswedan bersepeda dengan komunitas sepeda dalam emperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia. Gambar : Instagram/@aniesbaswedan

BaperaNews - Anies Baswedan yang merupakan Gubernur DKI Jakarta bersepeda bersama dengan puluhan warga dari komunitas sepeda dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada hari Minggu 5 Juni 2022.

Diketahui, Anies mulai bersepeda dari kompleks Balai Kota DKI Jakarta hingga Bundaran HI bersamaan dengan gelaran car free day (CFD) di ruas jalan tersebut.

Dalam keterangannya, Anies menyampaikan bahwa selamat bersepeda. Ia mengirimkan pesan ke seluruh Indonesia, selain itu Anies Baswedan mengajak semuanya untuk bersama-sama jadikan langit biru, lingkungan bersih, sehat, dan semua masyarakat dapat bayar balik untuk bumi.

Kemudian Anies juga menyoroti kondisi lingkungan hidup yang menurutnya terus menurun dalam satu dekade terakhir. Menurutnya, kondisi tersebut sangat berbanding terbalik dengan laku ekonomi yang membaik.

Atas hal itu, Anies Baswedan mengaku bahwa ia ingin berkontribusi dalam perbaikan kualitas lingkungan hidup di DKI Jakarta melalui sejumlah kebijakan.

Anies melanjutkan bahwa sebenarnya, baik ekologi dan ekonomi berasal dari kata yang sama yaitu oikos, yang keduanya berbicara terkait keluarga dan sudah saatnya ekonomi dan ekologi berjalan berdampingan. Anies juga menegaskan bahwa Jakarta akan mulai ikhtiar itu semua.

Baca Juga : Viral! Detik-detik jembatan Ambruk Saat Dilintasi Warga

"Sebenarnya, baik ekonomi dan ekologi berasal dari kata yang sama yakni oikos, yang keduanya bicara tentang keluarga dan sudah saatnya ekonomi dan ekologi berjalan berdampingan. Jakarta akan mulai ikhtiar itu semua," ujar Anies Baswedan.

Sejak tahun 2020 lalu, Anies mengaku telah berkomitmen untuk dapat terus menurunkan emisi karbon di Ibu Kota hingga mencapai 30 persen. Anies menyatakan bahwa hingga saat ini tingkat penurunannya telah mencapai 20 persen.

Menurutnya, kini dibutuhkan kawasan atau lingkungan hijau untuk terus memproduksi udara bersih dan mengurangi emisi, termasuk melalui penggunaan sepeda untuk kegiatan keseharian.

Terakhir, Anies Baswedan menyampaikan bahwa sepeda itu tidak dapat mundur, oleh karena itu kita harus terus maju. Lalu sepeda juga tidak meninggalkan residu dan sepanjang perjalanan harus stabil yang diusahakan dengan terus dikayuh oleh gerakan kaki kita sendiri, bukan oleh mesin.