Viral! Detik-detik jembatan Ambruk Saat Dilintasi Warga

Video sebuah jembatan gantung di Kabupaten Totitoli Ambruk bersamaan dengan warga yang sedang melintas di atasnya, kini video tersebutpun viral di sosial media

Viral! Detik-detik jembatan Ambruk Saat Dilintasi Warga
Jembatan Gantung Totitoli Ambruk Bersamaan Dengan Warga Waktu Sedang Melintas. Gambar : Antara.com/Siswowidodo

BaperaNews - Video yang sedang ramai dibicarakan warga sosial media dan warga sekitar, sebuah jembatan gantung putus dan ambruk bersama dengan sejumlah warga yang melintas di dalamnya menjadi viral.

Jembatan gantung yang berada di Lingkungan Salu, Nalu, Kecamatan Baolan, Totitoli, Sulawesi Tengah memiliki panjang sepanjang 125 meter tersebut putus karena tak kuat menahan beban ketika belasan orang melintas di atasnya.

Insiden jembatan gantung putus ini terjadi pada 26 Mei 2022 lalu dan sempat terekam oleh kamera seorang saksi hingga kini viral di media sosial.

Akibat putusnya jembatan tersebut, warga yang tinggal di Lingkungan Salu kini tak bisa lagi lewat jembatan Totitoli tersebut dan harus memakai perahu dayung atau perahu mesin ketinting untuk bisa menyeberang, pihak kepolisian juga sudah memasang garis polisi di kedua pintu masuk jembatan.

Warga berharap pemerintah daerah setempat bisa melakukan aksi cepat dengan memperbaiki jembatan tersebut dimana jembatan merupakan akses utama untuk warga di Lingkungan Salu, untuk membawa hasil laut dan kegiatan lainnya, karena putusnya jembatan tersebut, kegiatan warga untuk menuju Kota Tolitoli jadi terhambat.

Video jembatan gantung di Totitoli putus ini pertama kali diunggah oleh akun TikTok @dickiwahyudi99 yang diunggah ulang oleh akun YouTube TOLITOLINEWS,

Baca Juga : Mantan Atlet Senam Jatuh Tewas Di Kubangan Galian Stadion Mattoangin

Dalam video tersebut menjelaskan kejadian terjadi pada hari Kamis 26 Mei 2022 sekitar jam 09.30 WITA, jembatan gantung yang merupakan penghubung dusun Salu tiba-tiba rubuh, ketika ada sekitar 25 orang lebih sedang melintas.

Nampak pengguna jembatan Totitoli itu sebagian besar ibu-ibu jalan kaki, ada juga yang naik sepeda motor. Awalnya penyeberangan berjalan lancar, namun jembatan yang sudah berusia tua ini diperkirakan tidak sanggup menahan beban.

Video tiba-tiba menjadi berputar-putar dan terbalik, perekam ikut ambruk bersama jembatan yang ambruk, setelahnya nampak orang-orang berteriak minta tolong dan terlihat kayu serta jaring jembatan berjatuhan, jembatan gantung Totitoli tersebut sudah rubuh.

Sejumlah orang berteriak dan panik ketika jembatan rubuh sementara di bawahnya air sungai mengalir dengan arus yang cukup tenang, tentu tidak semua orang bisa berenang sehingga banyak dari mereka yang takut akan tenggelam.

Akibat kejadian ini di Totitoli, sedikitnya ada 3 orang yang luka ringan, terdiri dari 2 orang dewasa dan 1 anak umur 6 tahun, saat ini sudah dalam perawatan di RSU Mokopido.

Hingga berita ini disampaikan belum ada keterangan dari pejabat setempat terkait besar kerusakan jembatan atau rencana perbaikan jembatan yang jadi sumber akses transportasi warga tersebut.