Viral Unggahan Keramas Dua Kali Dapat Menghilangkan Ketombe, Ini Kata Dokter

Viral unggahan di Twitter tentang cara ampuh menghilangkan ketombe yakni dengan cara keramas dua kali. Berikut penjelasan dari Dokter Spesialis Kulit.

Viral Unggahan Keramas Dua Kali Dapat Menghilangkan Ketombe, Ini Kata Dokter
Viral unggahan keramas dua kali dapat menghilangkan ketombe. Gambar : Unsplash.com/Dok. Lindsay Cash

BaperaNews - Ketombe hingga kini masih jadi salah satu masalah rambut yang dikeluhkan banyak orang. Ketombe ialah bercak putih di kulit kepala yang bisa rontok ketika digaruk, seringkali mengurangi penampilan dan membuat rasa tidak nyaman karena kulit kepala menjadi bau dan gatal.

Hingga kini juga terdapat sejumlah produk shampo yang diklaim bisa mengatasi ketombe, namun tidak semua cocok atau berhasil ketika digunakan. Ketombe belum tentu bisa langsung hilang atau lenyap sepenuhnya.

Baru-baru ini, viral unggahan di Twitter tentang cara ampuh menghilangkan ketombe, diunggah pada Senin (24/10). Menurut pengunggah, caranya ialah dengan keramas dua kali dalam satu waktu atau ketika mandi.

“Guys ini beneran work kah? Yang keramasnya dua kali kasih review dong” ujar pengunggah sambil menyertakan foto bertuliskan “Ngilangin ketombe : keramas dua kali”.

Lantas, benarkan keramas dua kali dalam satu waktu memang benar bisa menghilangkan ketombe? Berikut penjelasan dari Dokter Spesialis Kulit RST Wijayakusuma Purwokerto, Dr. Ismiralda Oke.

“Ketombe atau pitriasis sicca ialah bentuk paling ringan dari dermatitis seborok, bentuk ekzema yang terjadi pada kulit berminyak” terangnya Selasa (25/10). Menurutnya, ekzema  ini memang tidak bisa sembuh total, maka ketombe juga tidak bisa sembuh total.

Baca Juga : Simak Manfaat Menjadi Seorang Vegetarian

“Ekzema ini tidak sembuh total dan sifatnya kambuhan, bisa dikontrol supaya tidak mudah kambuh. Jika kulit kepala dan rambut sangat berminyak, sebaiknya keramas setiap hari secara teratur” lanjutnya.

Dr. Ismiralda Oke menyebut ketombe tidak bisa hilang total, namun bisa dikurangi dengan keramas secara teratur untuk mengurangi minyak di kulit kepala. Keramas dua kali dalam satu waktu juga boleh jika memang kulit kepala terasa sangat berminyak.

"Jika berminyak sekali, sekali mandi boleh dua kali keramas, satu untuk mengurangi minyak yang berlebih, satu untuk membersihkan kulit kepala” jelasnya.

Namun, keramas terlalu sering juga tidak baik, bisa menyebabkan kulit kepala menjadi kering. “Kalau sudah keramas rutin setiap hari tidak perlu pakai shampo berlebihan, bisa membuat rambut kering” terangnya.

Dr. Ismiralda Oke kemudian menjelaskan, ketombe memang rawan muncul pada mereka yang memiliki kulit berminyak atau banyak memakai penutup kepala di luar ruangan misalnya wanita berhijab. Cuaca panas dan stres psikologi juga mempengaruhi kemunculan ketombe.

Ketombe yang tidak diatasi bisa menyebabkan sisik kulit kepala atau psoriasis, mirip autoimun, membuat sisik berlebih di kulit kepala. Sebab itu, menghilangkan ketombe dengan shampo khusus ketombe, dengan takaran yang sesuai, tidak perlu berlebihan.

Waktu terbaik ialah sesudah beraktivitas misalnya di sore hari. Dengan demikian kulit kepala akan selalu bersih dan bisa mencegah serta menghilangkan ketombe.

Baca Juga : Pria Harus Baca! Modus Penipuan Baru, Berkedok Pelecehan Seksual