MNC Group Perbolehkan Nobar Timnas Indonesia Asal Penuhi Syarat Ini

MNC Group memberikan izin kembali untuk nobar bagi pertandingan semifinal Piala Asia U-23, namun ada persyaratan yang harus dipenuhi. Simak selengkapnya di sini!

MNC Group Perbolehkan Nobar Timnas Indonesia Asal Penuhi Syarat Ini
MNC Group Perbolehkan Nobar Timnas Indonesia Asal Penuhi Syarat Ini. Gambar: disway.id/Candra Pratama

BaperaNews - MNC Group selaku pemegang hak eksklusif siaran Piala Asia U-23 2024 akhirnya mengizinkan masyarakat Indonesia melakukan nonton bareng atau nobar pertandingan semifinal antara Indonesia VS Uzbekistan. 

Berdasarkan keterangan resmi MNC Group, kegiatan nobar diperbolehkan asal pihak penyelenggara mematuhi sejumlah persyaratan yang ada, yakni, penyelenggara dilarang menjadikan nobar sebagai kegiatan komersil dengan memungut biaya kepada penonton, serta tidak beriklan atau menerima sponsor dari pihak yang ingin mencari keuntungan.

Diketahui sebelumnya MNC Group mengeluarkan pengumuman yang melarang nobar Timnas Indonesia tanpa seizin mereka. 

Larangan nobar MNC Group itu pun menuai berbagai kecaman dari masyarakat karena dianggap menghambat antusias masyarakat Indonesia yang ingin mendukung Timnas Indonesia.

Alhasil, tagar Boikot MNC pun menjadi trending topik di media sosial seperti Instagram dan X sejak Sabtu (27/4) hingga saat ini. 

Di poin keenam surat pengumuman hak eksklusif MNC Group AFC U-23 Asian Cup 2024, ditegaskan bahwa MNC Group melarang kegiatan on air dan off air termasuk nobar tanpa izin mereka.

Tak main-main, mereka pun mengancam segala pelanggaran itu dengan sanksi pidana dan denda sesuai dengan perundang-undangan yang ada. 

“Bahwa pelanggaran terhadap larangan-larangan tersebut di ancam dengan sanksi pidana, dan denda sesuai Undang-undang yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tulis pengumuman MNC Group tersebut.

Baca Juga: MNC Group Bakal Larang Nobar Piala Asia U-23 2024

Berikut isi surat pengumuman MNC Group yang disampaikan terkait Piala Asia U-23 2024:

  1. Bahwa MNC Group adalah satu-satunya pemegang hak eksklusif lisensi media rights dan official broadcaster dari AFC U-23 Asian Cup 2024 di wilayah Negara Republik Indonesia.
  2. Bahwa hanya MNC Group dan/atau Asian Football Confederation (AFC) yang mempunyai hak untuk menggunakan dan/atau mengasosiasikan lambang/logonya bersama dengan lambang resmi, maskot, trophy AFC U-23 Asian Cup 2024 di wilayah Negara Republik Indonesia.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka Tanpa Persetujuan dari MNC Group, kepada pihak manapun juga dilarang:

  1. Menggunakan dan/atau mengasosiasikan lambang dan logo bersama dengan kata-kata/tulisan, lambang, emblem, logo, maskot, nama kompetisi, trophy resmi AFC U-23 Asian Cup 2024.
  2. Menyiarkan dan/atau meredistribusikan siaran AFC U-23 Asian Cup 2024.
  3. Memproduksi dan/atau mengadakan kegiatan, termasuk program acara, kompetisi dan/atau promosi dalam bentuk apapun dan melalui media apapun, seperti program undian, SMS, kuis, games, polling, yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan AFC U-23 Asian Cup 2024.
  4. Menggunakan clip maupun copy dari semua penayangan pertandingan AFC U-23 Asian Cup 2024, baik secara langsung (live) maupun siaran ulang (re-run).
  5. Membuat berita atau artikel dengan kata-kata/tulisan, lambang, emblem, logo, maskot, trophy resmi AFC U-23 Asian Cup 2024, (Competition Marks dan Competition Names) yang dalam format/lay-out yang memberi kesan didukung, dipersembahkan atau disponsori oleh sponsor-sponsor selain sponsor resmi AFC di wilayah negera Republik Indonesia.
  6. Menyelenggarakan kegiatan on air, kegiatan off air termasuk nonton bareng.
  7. Promo media cetak, digitan media, billboard dengan asosiasi iklan.

Kini MNC Group pun telah mewadahi antusias masyarakat yang ingin mendukung Timnas Indonesia di semifinal Piala Asia U-23 dengan memperbolehkan kegiatan nobar tanpa izin dari mereka.

"Mari kita terus dukung perjuangan para punggawa Garuda Muda agar bisa berprestasi lebih baik lagi di Piala Asia U-23. Selamat bertanding, semoga menoreh sejarah dengan menjadi juara Piala Asia U-23 tahun ini. Kami akan selalu mendukung mu," tulis pihak MNC Group dalam keterangannya, Minggu (28/4/2024).

Timnas Indonesia sendiri diketahui akan bertanding dengan Uzbekistan untuk memperebutkan tiket final Piala Asia U-23 2024, setelah sebelumnya berhasil mengalahkan raksasa Asia, Korea Selatan.

Pertandingan Indonesia vs Uzbekistan itu rencananya akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha pada Senin (29/4) mulai pukul 21.00 WIB.

Baca Juga: Prediksi Pertandingan Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan U-23 Piala Asia U-23 2024