PNS Joget Sambil Tenggak Miras di Humbahas Disanksi Peringatan, Ini Alasannya

Tonny Sihombing, Sekda Humbahas Sumatera Utara sudah memberikan sanksi peringatan untuk PNS yang videonya viral joget sambil meminum minuman keras. Inilah Alasannya!

PNS Joget Sambil Tenggak Miras di Humbahas Disanksi Peringatan, Ini Alasannya
Tonny Sihombing, Sekda Humbahas Sumatera Utara. Gambar : Kureta/ Dok. Jumpa P Manullang

BaperaNews - Tonny Sihombing, Sekda Humbahas Sumatera Utara menyatakan pihaknya sudah memberi sanksi pada anggota PNS  yang videonya viral joget sambil meminum minuman keras, dia memberi PNS tersebut sanksi peringatan.

“Kita sudah beri PNS tersebut inisial OPD sanksi peringatan, sanksi tetap diberikan walaupun pada kenyataannya disitu atau di peristiwa itu tidak ada miras, saya berharap tidak ada lagi kejadian serupa, semua PNS harus bisa bersikap dan bertutur kata baik karena mereka digaji oleh rakyat dan menjadi contoh rakyat’ kata Tonny Sihombing dalam keterangan tertulis Sabtu 15 Januari 2022.

“Harapan kita, tidak ada ada lagi video serupa yang dilakukan abdi negara yang bisa merusak citra PNS” lanjutnya.

Tonny Sihombing juga menjelaskan kenapa sanksi yang diberikan hanya sebuah peringatan, “sebab sebelumnya sudah dilakukan pemeriksaan dan klarifikasi pada OPD juga saksi-saksi, dalam peristiwa itu hanya sebuah hiburan spontan, berpura-pura menari sempoyongan seolah sedang minum miras, namun itu hanya lelucon belaka, tidak ada miras asli ataupun pesta miras seperti yang selama ini diduga masyarakat. Memang masyarakat kan melihat dari video itu seolah dia mabuk dan menari-nari, aslinya itu cuma akting lucu-lucuan saja, tidak ada miras sama sekali” jelasnya.

Video itu dibuat pada hari perayaan ulang tahun Kepala Dinas Kesehatan Humbahas yang bernama Hasudungan Silaban, acara diadakan di hari Selasa 14 Desember 2021, direkam dan disebarkan di grup WA oleh staf Dinas Kesehatan Humbahas bernama Tata, namun tidak ada maksud untuk berbuat kejahatan, hanya sebuah humor biasa sesama rekan. Botol yang nampak dipegang di video juga hanya botol kosong, bukan botol bekas miras atau semacamnya. Namun vide itu justru menyebar luas kepada masyarakat.

Sebelumnya viral sebuah video wanita berseragam PNS berjoget sambil minum miras di sebuah ruangan dan dikelilingi rekannya yang juga berseragam PNS, kemudian nampak ada yang memberi miras di botol tersebut sehingga membuat wanita itu semakin sempoyongan menari di kursi. “Pesta ultah Kepala  Dinas Humbahas dengan minuman pakai baju dinas” demikian keterangan di video yang beredar.

Aksi itu pun dikecam banyak pihak termasuk anggota DPRD Humbahas, Bantu Tambunan, “Kalau itu ya parah, kurang suka kita, itu artinya PNS sudah menyalahi aturan, apalagi dia dari Dinas Kesehatan kok minumnya miras, jelas salah, bikin malu” kata Tambunan saat mengomentari video tersebut.