Fitur Chatbot Twitter 'Grok' Kini Sudah Hadir di Indonesia

Pengguna Twitter di Indonesia kini telah dapat menikmati fitur Grok yang dinilai humoris dan cerdas dalam berinteraksi dengan pengguna. Baca selengkapnya di sini!

Fitur Chatbot Twitter 'Grok' Kini Sudah Hadir di Indonesia
Fitur Chatbot Twitter 'Grok' Kini Sudah Hadir di Indonesia. Gambar : Asoworld

BaperaNews - Pengguna Twitter di Indonesia kini dapat menikmati fitur chatbot AI bernama Grok, hasil karya perusahaan kecerdasan buatan (AI) milik Elon Musk, xAI. Fitur ini, yang telah lama dinantikan, diklaim akan memberikan pengalaman berinteraksi yang unik dan menghibur bagi pengguna Twitter di tanah air.

Pada Jumat (10/5), di versi web Twitter, menunjukkan bahwa fitur Grok tersedia dalam bentuk tab menu yang ditempatkan di sidebar bersama dengan menu-menu utama lainnya seperti Home, Notifications, Messages, dan Profile.

Fitur Grok ini dijelaskan sebagai sebuah fitur pencari (search) yang juga berfungsi sebagai chatbot Twitter AI, mirip dengan ChatGPT. Namun, yang membedakan Grok adalah klaim bahwa ia akan lebih humoris dan cerdas dalam interaksinya dengan pengguna.

Grok menggunakan model bahasa besar (LLM) yang disebut Grok-1, terinspirasi dari novel The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy dan model AI "JARVIS" dari seri superhero Iron Man.

Fitur ini diklaim mampu menyajikan kalimat-kalimat komedi yang cerdik, menjadikannya pilihan menarik bagi pengguna Twitter yang mencari pengalaman berinteraksi yang berbeda.

Meskipun demikian, ada batasan pada kemampuan Grok. Fitur ini hanya dapat mendukung pemrosesan AI hingga kuartal III-2023 atau September 2023. Artinya, jika pengguna menanyakan informasi terbaru yang terjadi setelah bulan tersebut, Grok mungkin tidak dapat memberikan jawaban.

Baca Juga: Ingin Saingi YouTube, Twitter/X Rencanakan Hadir di Smart TV

Menu Grok di Twitter menyediakan sebuah kolom teks yang memungkinkan pengguna untuk mengetikkan pertanyaan atau mengirimkan input teks kepada Grok.

Selain itu, menu tersebut juga menampilkan beberapa topik menarik seperti mendeskripsikan profil pengguna Twitter, merangkum topik dan twit yang ramai didiskusikan, memprediksi suatu pertandingan, dan masih banyak lagi.

Grok hadir dalam dua mode, yaitu 'Regular Mode' dan 'Fun Mode', di mana Fun Mode akan membuat Grok mengeluarkan kalimat-kalimat jenaka yang bernada komedi.

Namun, untuk menikmati fitur Grok, pengguna harus berlangganan layanan berbayar Premium atau Premium Plus di Twitter. Harga langganan Premium adalah Rp120.000 per bulan, sementara Premium Plus adalah Rp180.000 per bulan.

Pengguna yang berlangganan layanan ini tidak hanya mendapatkan akses terhadap Grok, tetapi juga fitur-fitur eksklusif lainnya seperti jumlah iklan yang lebih sedikit, postingan yang lebih panjang, fitur analitik, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Twitter/X Bisa Unggah Video hingga Durasi 2 Jam, Gimana Caranya?