Tiga Negara Uni Eropa dan Spanyol Bakal Akui Palestina

Tiga negara Uni Eropa dan Spanyol secara resmi mengakui kedaulatan Palestina. Simak Berita Selengkapnya!

Tiga Negara Uni Eropa dan Spanyol Bakal Akui Palestina
Tiga Negara Uni Eropa dan Spanyol Bakal Akui Palestina. Gambar: Dok.Minanews

BaperaNews - Pada Selasa (21/5) mendatang, Spanyol, Irlandia, Malta, dan Slovenia akan secara resmi mengakui kedaulatan Palestina. 

Kepastian ini disampaikan oleh Joseph Borrell, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, pada Kamis (9/5), menjelang voting majelis umum terkait keanggotaan penuh Palestina di PBB pada Jumat (10/5).

Keempat negara Uni Eropa ini, bersama Spanyol sebagai inisiator, memutuskan untuk memberikan pengakuan terhadap Palestina, seiring dengan pandangan mereka bahwa two state solution merupakan solusi yang tepat untuk menjaga perdamaian di kawasan tersebut.

Keputusan ini diumumkan setelah PM Spanyol, Pedro Sanchez, pada Maret 2024 lalu menyatakan kesepakatan dengan Irlandia, Malta, dan Slovenia terkait pengakuan atas Palestina dan Israel.

Dalam keterangannya kepada media Spanyol RNE, Joseph Borrell menyatakan bahwa langkah ini merupakan tindakan simbolis yang bersifat politis, menegaskan bahwa lebih dari sekadar pengakuan sebuah negara, hal ini juga mencerminkan keinginan untuk mengakui eksistensi Palestina.

Borrell juga menambahkan bahwa Belgia dan beberapa negara lain di Uni Eropa juga akan segera mengikuti langkah empat negara tersebut, memperluas dukungan terhadap Palestina di tingkat internasional.

Baca Juga : AS Tetap Dukung Israel, Pilot Aaron Bushnell Bakar Diri Demi Dukung Palestina

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Spanyol, Jose Manuel Alberes, telah menyatakan niat untuk mengakui Palestina, meskipun tanpa memberikan tanggal pasti. 

Hal ini menjadi langkah positif dalam upaya meningkatkan dukungan internasional untuk kemerdekaan Palestina.

Pengakuan terhadap Palestina oleh keempat negara ini menjadi bagian dari upaya internasional untuk mendukung penyelesaian konflik di wilayah tersebut. 

Sejak 1988, baru 139 dari 193 negara anggota PBB yang mengakui kedaulatan Palestina, termasuk Indonesia.

Namun, keputusan ini tidak disambut baik oleh Israel yang menganggapnya sebagai ancaman terhadap negosiasi perdamaian di Gaza. 

Israel menyatakan kegeraman atas meningkatnya jumlah negara yang memberikan pengakuan terhadap Palestina, dan mengancam bahwa hal ini akan mempersulit upaya untuk mencapai kesepakatan damai di kawasan tersebut.

Baca Juga : Billie Eilish Hadiri Piala Oscar 2024 dengan Pin Dukungan Gencatan Senjata untuk Palestina