Dirjen WHO Tiba di Yogyakarta Hadiri Pertemuan Menkes G20

Tedros Adhanom selaku Dirjen WHO tiba di Yogyakarta untuk hadiri pertemuan Menkes G20 yang merupakan salah satu forum dari Presidensi G20.

Dirjen WHO Tiba di Yogyakarta Hadiri Pertemuan Menkes G20
Dirje WHO tiba di Yogyakarta untuk menghadiri pertemuan dengan Memkes G20. Gambar : WHO/Chirs Black

BaperaNews - Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia WHO Tedros Adhanom telah tiba di Yogyakarta untuk hadir pada pertemuan pertama Menteri Kesehatan G20 (The 1st G20 Health Ministers Meeting) yang akan dilaksanakan pada Selasa 21 Juni 2022.

Sekretaris Jenderal Kemenkes Kunta Wibawa mengawali pertemuan dengan Tedros, ia mengucapkan terima kasih atas kehadiran orang nomor satu di WHO tersebut. Menurutnya, kehadiran Tedros Adhanom (Dirjen WHO) di acara Menkes G20 bisa membuat sistem kesehatan lebih pulih, kuat, dan tangguh setelah adanya pandemi covid19.

“Dukungan dari WHO luar biasa, dengan beliau datang, kami harap Presidensi G20 bidang kesehatan bisa tercapai termasuk outcome dan outputnya” ujarnya dalam keterangan resmi hari Minggu 19 Juni 2022.

Kunta mengungkap Dirjen WHO akan hadir di pembukaan HMM pada jam 09.00 WIB tanggal 21 Juni 2022, selanjutnya akan dilakukan diskusi membahas lebih lanjut agenda prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia.

Diskusi juga melibatkan undangan khusus lainnya dari sejumlah organisasi dunia seperti CEO CEPI, Perwakilan World Bank, Sekjen OECD, Perwakilan GAVI, GISAID, dan Direktur Eksekutif Global Fund. Pertemuan dipimpin oleh Menkes G20, Budi Gunadi.

“Sebagai pemimpin Presidensi G20 bidang kesehatan, kita akan bahas 3 isu prioritas yakni resiliensi sistem kesehatan global, pendanaan penanganan pandemik, harmonisasi protokol kesehatan, dan sharing jejaring lab untuk genome sequencing” jelasnya.

Baca Juga : Mangkubumi Sambut Tarian Lawung Saat Presiden Jerman Di Keraton Yogyakarta

Kunta ingin 3 gagasan Indonesia tersebut bisa memperkuat kesehatan global dan membawa hasil untuk dibawa ke pertemuan tingkat lebih tinggi. “Harapan kita, outcome dari Presidensi G20 Indonesia terutama dari kelompok kerja bidang kesehatan bisa tercapai” imbuhnya.

Sebagai informasi, Presidensi G20 (Group of Twenty) ialah sebuah forum internasional yang membahas sejumlah isu dunia di berbagai bidang. Indonesia ditunjuk jadi tuan rumah Presidensi G20, Presiden Jokowi juga telah membentuk panitia khusus untuk penyelenggaraannya.

Indonesia jadi tuan rumah yang terpilih di tahun 2022 ini, Negara anggota G20 yang akan hadir ialah AS, Brasil, Argentina, Australia, Kanada, Korea Selatan, Meksiko, Turki, Jepang, Inggris, Jerman, China, India, Arab Saudi, Iralia, Afrika Selatan, Prancis, Rusia, dan Uni Eropa. Indonesia jadi satu-satunya Negara anggota G20 di Asia Tenggara.

Secara umum, Negara yang jadi anggota G20 ialah punya representasi strategis yakni menguasai 85% PDB Dunia, 80 % investasi global, 66% populasi dunia, dan 75% perdagangan dunia.