Jelang Haji 2022, Kiswah Kain Penutup Kabah Mulai Diangkat

Menjelang Haji 2022 yang semakin dekat, Kiswah atau kain penutup Kabah mulai diangkat pada hari Jumat 19 Juni 2022 malam waktu setempat.

Jelang Haji 2022, Kiswah Kain Penutup Kabah Mulai Diangkat
Kiswah kain penutup Kabah mulai diangkat jelang Haji 2022. Gambar : AP/Saudi Media Ministry

BaperaNews - Kain hitam atau Kiswah yang menjadi penutup Ka’bah di Masjidil Haram, Mekkah. Kain penutup kabah tersebut mulai diangkat pada hari Jumat 19 Juni 2022 malam waktu setempat, hal ini dilakukan menjelang dilaksanakannya ibadah Haji 2022.

Bagian paling bawah Kiswah yang diangkat sekitar 3 meter dan diganti dengan kain putih yang melapisi empat bidang sisi tembok Ka’bah. Hal ini memang kegiatan rutin setiap moment menjelang dilaksanakannya ibadah haji.

Pengangkatan kain hitam dengan tulisan benang tersebut ditarik para Jemaah haji yang melakukan tawaf mengelilingi Ka’bah.

Pemerintah Arab Saudi sebelumnya mulai membuka pelaksanaan haji setelah dua tahun ditutup karena adanya pandemi Covid 19.

Presiden Dua Masjid Suci Ahmad Bin Muhammad Al Mansouri menyampaikan, ada 50 teknisi dan spesialis yang memastikan proses ibadah Haji 2022 tersebut bisa berjalan dengan lancar. Tujuan dari pengangkatan Kiswah ini menurut Mansouri ialah untuk menghindari kepercayaan yang dianggap salah oleh sebagian Jemaah haji yang biasanya dengan sengaja menarik Kiswah untuk mendapat keberkahan.

Baca Juga : Ukraina Bombardir Donetsk, 5 Warga Tewas Dan 12 Lainnya Terluka

Kain sutra penutup Ka’bah tersebut akan dibentangkan kembali sampai bawah setelah musim haji selesai, setiap tahunnya, Kiswah diganti dengan yang lain. Kiswah sendiri berwanra hitam dengan berat 670 kg, ia berbahan sutra dan terdapat tulisan ayat suci Al Qur’an, tulisan juga dibuat dari benang emas.

Ayat Al Qur’an tersebut disulap dari 120 kg benang emas dan 100 kg benang perak. Penutup Ka’bah dibuat di Kompleks Pembuatan Kiswah atau kain penutup Ka’bah Raja Abdul Aziz, dalam pembuatannya dipekerjakan lebih dari 200 orang dan memakai mesin jahit super besar sepanjang 16 meter.

Indonesia pada tahun 2022 ini juga mulai memberangkatkan Jemaah haji dengan protokol kesehatan ketat yakni pemeriksaan kesehatan, gelang identitas, hingga pemantapan manasik haji. Jumlah kuota yang berangkat sebanyak 100.051 orang, terdiri dari 92.825 haji reguler dan 7.266 haji khusus pada ibadah Haji 2022.

Baik regular maupun khusus, usia Jemaah yang boleh berangkat pada tahun ini maksimal 65 tahun per tanggal 8 Juli 2022. Jemaah haji sudah mulai berangkat pada 4 Juni 2022 lalu, jumlah kloter Jemaah yang berangkat sebanyak 241 kloter. Jemaah diberangkatkan dalam 236 penerbangan dengan maskapai Garuda Indonesia dan Saudia Airlines.