Yuk Intip! Tradisi Isra Miraj Di Berbagai Negara

Isra Miraj 2022 merupakan salah satu hari besar keagamaan Islam dimana peristiwa perjalanan malam Nabi Muhammad dari Mekah ke Masjid Aqsa. Begini perayaan Isra Miraj di berbagai negara!

Yuk Intip! Tradisi Isra Miraj Di Berbagai Negara
Tradisi Isra Miraj Di Berbagai Negara. Gambar: AP/Musa Sadulayev

BaperaNews - Isra Miraj 2022 merupakan salah satu hari besar keagamaan Islam yang mengandung peristiwa penting di dalamnya. Isra Miraj sendiri merupakan perjalanan malam Nabi Muhammad dari Mekah ke masjid terjauh, Masjid Aqsa di Yerusalem, lalu naik ke surga, dimurnikan dan diberi perintah bagi umat Islam untuk sholat lima kali sehari.

Kisah perjalanan Isra Miraj Rasulullah SAW telah dijelaskan dalam surah Al-Isra’ ayat 1 yang memiliki arti,

“Maha suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat” (Q.S Al Isra’:1)

Pada ayat tersebut dijelaskan bahwa Nabi Muhammad menempuh perjalanan dari masjidil Haram ke Masjidil Al-Aqsa di Yarussalem.

Perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW ini membawa sejumlah poin rukun Islam yang masih dijadikan pedoman hingga sekarang. Maka dari itu, hari Isra Miraj sangat penting untuk di peringati umat Islam dengan berbagai cara serta budaya.

Indonesia sendiri memiliki beberapa tradisi yang dilakukan untuk memperingati hari Isra Miraj.

Seperti di daerah Jawa Timur, terdapat tradisi Ambengan untuk memperingati Isra Miraj. Dalam tradisi ini orang-orang akan makan bersama di satu wadah besar yang sama.

Baca Juga: Kelompok Peretas Anonymous Nyatakan Perang Dengan Rusia

Biasanya satu wadah digunakan untuk 5 orang. Menu dari makanan itu sendiri merupakan makanan sederhana yang dapat dimasak sendiri. Seperti mie goreng, irisan telur, ayam goreng dan serundeng.

Di Yogyakarta sendiri untuk memperingati Isra Miraj terdapat tradisi turun kuno yang masih diterapkan yang dinamakan Yasa Peksi Burak.

Peksi Burak dibuat dari buah dan kulit jeruk bali yang dibentuk serta diukir yang berbentuk seperti anggota badan burung.

Tak berhenti disitu, selanjutnya Peksi Burak akan diletakkan pada sarang atau pohon.

Saat malam hari, peringatan Isra Miraj sendiri digelar pada malam hari setelah shalat Isya, dengan dihadiri oleh beberapa lembaga keraton.

Acara peringatan diwarnai dengan pembacaan kitab dan beberapa cerita yang menyangkut tradisi Isra Miraj. Setelah itu, buah-buahan dalam Peksi Burak akan dibagikan kepada masyarakat yang hadir, sebagai tanda peringatan telah usai.

Saat malam hari, peringatan Isra Miraj sendiri digelar pada malam hari setelah shalat Isya, dengan dihadiri oleh beberapa lembaga keraton. Acara peringatan diwarnai dengan pembacaan kitab dan beberapa cerita yang menyangkut tradisi Isra Miraj.

Setelah itu, buah-buahan dalam Peksi Burak akan dibagikan kepada masyarakat yang hadir, sebagai tanda peringatan telah usai.

Selain tradisi di Indonesia, ternyata banyak umat muslim dari seluruh dunia memiliki tradisi untuk memperingati Isra Miraj dengan cara serta kebiasaan yang berlaku.

Baca Juga : 27 Negara Dikabarkan Akan Kirim Bantuan Militer dan Medis ke Ukraina

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah 4 negara dengan tradisi peringatan Isra Miraj:

Kanada

Umat Muslim dai Kanada ternyata memiliki cara sendiri untuk memperingati hari Isra Miraj.

Masyarakat Islam di sana akan membuat permen dan hasil buatannya dibagikan kepada tetangga di sekitar tempat tinggal mereka.

Tak hanya selama satu hari, beberapa umat muslim di Kanada akan melakukan peringatan Isra Miraj tersebut selama dua hari. Hal ini dilakukan sebagai bentuk untuk sedekah serta amal mereka.

Dubai

Masyarakat Dubai akan memulai peringatan Isra Miraj selepas sholat magrib.

Setelah sholat berjamaah, acara diawali dengan pembacaan Alquran, kemdian pembacaan pidato oleh seseorang yang dituakan atau dipercaya.

Tak berhenti di situ, selanjutnya terdapat khutbah serta ceramah yang berisikan nilai agama.

Acara tersebut dianggap penting untuk masyarakat Dubai, khususnya umat Islam sebab hal tersebut dinilai sebegai bentuk kesempatan seseorang untuk mempelajari apapin yang dapat menginspirasi.

Kuwait

Kuwait merupakan negara yang berada di Timur Tengah yang juga memiliki penduduk Muslim.

Tak hanya satu hari, masyarakat Islam di Kuwait merayangan Isra Miraj selama tiga berturut-turut dan ketiga hari tersebut sebagai libur nasional.

Pemerintah Kuwait memberikan hari libur selama tiga untuk para pekerja agar dapat berkumpul dengan keluarga serta kerabat untuk merayakan Isra Miraj.

Oman

Sama halnya di Indonesia, negara Oman adalah negara yang memiliki mayoritas penduduk beragama Islam.

Di sana selain membaca ayat Al-Quran saat malam Isra Miraj di Masjid bersama banyak orang.

Namun, masyarakat Muslim di Oman juga akan menghiasai lingkungan rumah dengan lampu-lampu terang sebagai bentuk suasana hati bahagia umat Islam.

Baca Juga: Gambarkan Kondisi Kiev, WNI di Ukraina Sebut Evakuasi 1 – 2 Hari Lagi