Fitur Baru TikTok: Umur di Bawah 18 Tahun Cuma Bisa Main 1 Jam Sehari

Platform media sosial TikTok kini memberi batasan penggunaan maksimal 60 menit atau 1 jam main TikTok untuk pengguna remaja yang berumur di bawah 18 tahun.

Fitur Baru TikTok: Umur di Bawah 18 Tahun Cuma Bisa Main 1 Jam Sehari
Kini pengguna TikTok umur di bawah 18 tahun cuma bisa main 1 jam sehari. Gambar : Unsplash.com/Dok. S O C I A L . C U T

BaperaNews - Platform media sosial TikTok kini memberi batasan penggunaan maksimal untuk pengguna remaja yang berumur di bawah 18 tahun.

Screentime limit ini diumumkan di TikTok Newsroom, dalam beberapa minggu ke depan, waktu screentime untuk pengguna TikTok di bawah 18 tahun dibatasi maksimal 60 menit atau 1 jam main TikTok.

Artinya, pengguna TikTok berumur di bawah 18 tahun tidak akan bisa menonton atau menggunakan TikTok lebih dari 1 jam sehari. Kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan digital bagi para remaja.

Agar pengguna lebih memperhatikan waktunya, antara waktu untuk menonton layar ponsel dengan aktivitasnya di kehidupan nyata.

Batas waktu 1 jam sehari ini dipilih setelah TikTok berkonsultasi dengan para peneliti akademik dan para pakar di Digital Wellness Lab di RS Anak Boston.

Bisa Diatur Waktu Screentime Limit

Namun untuk pengguna TikTok yang masih remaja yang ingin menggunakan TikTok lebih dari 1 jam per hari masih bisa melakukannya, dengan menerapkan Pengaturan di menu Setting and Privacy. Pengguna bisa menonaktifkan aturan ini untuk bisa menikmati scrolling TikTok lebih dari 1 jam sehari.

Bagi pengguna remaja TikTok yang masih berumur di bawah 13 tahun, setting dasar lamanya screentime juga akan diatur menjadi 1 jam.

Jika masa waktu screentime tersebut sudah terlewati, orang tua harus memasukkan kode atau sandi khusus jika ingin menyetel lagi dengan waktu tambahan 30 menit.

Baca Juga : TikTok Uji Coba Fitur Baru "Sleep Reminders", Apa Gunanya?

Pengguna remaja juga akan diminta memasukkan kode sandi jika ingin terus scrolling TikTok namun sudah tercapai masa screentime 1 jam, langkah ini membuat remaja tetap bisa menonton TikTok lebih dari 1 jam.

Himbauan untuk scrolling TikTok maksimal 1 jam ini hanya berupa aturan dasar, namun bisa diperbarui dan diubah sesuai kebutuhan pengguna. Peneliti menyebut dengan sadar akan waktu penggunaan, akan membuat seseorang lebih berhati-hati.

Jadi TikTok mendorong para remaja untuk mengatur batas waktu scrolling harian agar bisa mengatur waktunya dengan lebih baik. Fitur screentime bisa diatur 40 menit, 60 menit, 90 menit, atau 120 menit per hari.

Fitur Terbaru Family Pairing

TikTok juga mengumumkan tiga fitur baru lainnya yakni Family Pairing yang memungkinkan akun orang tua bisa terhubung dengan akun anak remajanya untuk menerapkan sejumlah pengaturan. Ketiga ditur di Family Pairing tersebut ialah batas waktu per hari, dasbor penggunaan TikTok, dan nonaktifkan notifikasi.

Orang tua bisa membatasi apa yang bisa dikirim di Pesan akun anak atau mematikan fitur pesan seluruhnya. Akun anak juga bisa diatur agar tidak bisa menerima pesan dalam jam-jam tertentu. Dengan demikian para remaja dan anak-anak bisa menggunakan TikTok dengan lebih bijak dan ada batasan.

Baca Juga : Kini Pengguna Indonesia Bisa Nonton TikTok di TV, Ini Cara Loginnya!