Viral! Oknum Dishub Hapus Tulis Parkir Gratis, Netizen: Makin Jelas Jukir Peliharaannya Siapa

Video viral di media sosial menampilkan petugas Dishub menghapus tulisan "Parkir Gratis" di depan minimarket. Simak selengkapnya di sini!

Viral! Oknum Dishub Hapus Tulis Parkir Gratis, Netizen: Makin Jelas Jukir Peliharaannya Siapa
Viral! Oknum Dishub Hapus Tulis Parkir Gratis, Netizen: Makin Jelas Jukir Peliharaannya Siapa. Gambar: Kolase Tangkapan Layar X/@Heraloebss

BaperaNews - Video viral di media sosial memperlihatkan tindakan seorang oknum petugas Dinas Perhubungan (Dishub) yang menghapus tulisan "Parkir Gratis" di depan sebuah minimarket.

Video ini diunggah oleh akun Instagram @lambeonlen pada Jumat (28/6) dan langsung menuai berbagai kecaman serta pertanyaan dari netizen. Banyak yang merasa heran dengan tindakan tersebut, terutama terkait kebijakan parkir berbayar di depan minimarket.

Dalam video tersebut, terlihat seorang petugas Dishub yang menggunakan alat penghapus cat dan tampak fokus menyelesaikan pekerjaannya.

Oknum petugas Dishub lain terlihat meminta karyawan minimarket untuk keluar dari ruangan, diduga agar mereka menyaksikan proses penghapusan tulisan Parkir Gratis. Reaksi netizen pun beragam, banyak yang mempertanyakan dan mengkritik tindakan petugas tersebut.

"Ngapain itu dishub? Kerjaan yg lain gk ada kah? Bukannya ngatur jalur perhubungan malah ngatur parkiran," tulis seorang netizen.

"Kalau dicopot aja gak ada lah anggaran pengadaan cat nya, gak ada yg bisa di-mark up," timpal netizen lainnya.

"Lah lahan pribadi milik indomaret kenapa Dishub ikut campur?" celetuk netizen lainnya.

Dalam video yang beredar, seorang pria dengan atribut Dishub lengkap terlihat membawa sebuah cat semprot di tangan kanannya. Ia sedikit berjinjit untuk meraih tulisan "Parkir Gratis" yang sudah terpasang di dinding bagian luar minimarket.

Baca Juga: Viral Sopir Mobil Pikap Dipalak Oknum Dishub, Minta Rp50 Ribu untuk Beli Rokok

Petugas tersebut kemudian menyemprotkan cat semprotnya dari sisi ke sisi, mulai dari sudut kiri bawah hingga ke bagian kanan, dan baris di atasnya ditutupi menggunakan cat semprot tersebut hingga tulisan "Parkir Gratis" tertutupi sepenuhnya.

Para pegawai minimarket yang diketahui merupakan Indomaret, hanya menyaksikan aksi tersebut tanpa memberikan perlawanan.

Video dishub hapus tulisan parkir gratis tersebut juga menampilkan suara seorang pria yang mengatakan, "Sudah beberapa kali kami imbau," merujuk pada tindakannya yang sedang menutupi tulisan "Parkir Gratis". Unggahan ini membuat netizen semakin heran dan memberikan komentar-komentar yang cukup tajam.

"Bagus, biar setoran jalan..mantapp," tulis akun Instagram @daddy*****.

"Udah jelas kan parkirnya setor ke mana," sambung @d4ve*****.

"Makin jelas, jukir itu peliharaannya siapa," tambah akun @donnie*****.

Pihak Indomaret pun memberikan penjelasan terkait kejadian ini. Mereka menjelaskan bahwa minimarketnya memang membayar retribusi daerah agar para pengunjung tidak perlu membayar parkir.

Namun, tidak semua daerah dimintai retribusi oleh Pemerintah Daerah (Pemda). Hanya beberapa gerai tertentu saja yang Pemda-nya meminta pembayaran biaya retribusi.

"Ada (gerai) Indomaret yang wajib membayar retribusi ke Pemda. Saat membayar retribusi, parkir gratis," kata Marketing Communication Executive Director Indomaret, Bastari Akmal. Jika tidak diminta membayar retribusi, maka parkir di gerai Indomaret tersebut biasanya akan dijaga oleh juru parkir resmi.

Baca Juga: Puluhan Jukir di Bengkulu Demo Tolak Parkir Gratis dan Minta Alfamart Ditutup Jika Tak Beri Izin