Viral Sopir Mobil Pikap Dipalak Oknum Dishub, Minta Rp50 Ribu untuk Beli Rokok

Video viral memperlihatkan oknum petugas Dishub diduga meminta uang rokok kepada sopir mobil pikap di Jalan Daan Mogot Raya. Baca selengkapnya di sini!

Viral Sopir Mobil Pikap Dipalak Oknum Dishub, Minta Rp50 Ribu untuk Beli Rokok
Viral Sopir Mobil Pikap Dipalak Oknum Dishub, Minta Rp50 Ribu untuk Beli Rokok. Gambar: Kolase tangkapan Layar Instagram/@romansasopirtruck

BaperaNews - Video viral di media sosial memperlihatkan seorang sopir mobil pikap diduga menjadi korban pungutan liar (pungli) oleh seorang oknum petugas Dinas Perhubungan (Dishub). Oknum tersebut diduga meminta uang kepada sopir tersebut dengan alasan untuk membeli rokok.

Kejadian sopir mobil pikap dipalak Dishub ini terekam dalam video yang diunggah di akun Instagram Memomedsos, Senin (10/6), yang menunjukkan peristiwa tersebut diduga terjadi di Jalan Daan Mogot Raya, Jakarta Barat, pada akhir pekan sebelumnya.

Dalam video tersebut, terlihat oknum petugas Dishub DKI yang mengenakan seragam lengkap duduk di bangku depan mobil pikap tersebut. Oknum tersebut diduga meminta uang sebesar Rp50 ribu kepada sopir mobil pikap.

"Kalau mau uang rokok aku gak ada duit, Pak, aku cuma punya duit, ini aja cuma Rp 50 ribu aja buat bensin itu bensinnya kayak gitu, Pak, malah bapak mau minta uang rokok," jawab sopir pikap saat diminta uang.

"Kasih 50 (ribu rupiah) aja buat uang rokok," timpal oknum petugas Dishub.

Baca Juga: Video Viral, Anggota Dishub di Medan Diduga Palak 5 Loyang Martabak

Sopir mobil pikap itu dengan jujur menyatakan bahwa ia hanya memiliki uang sebesar Rp52 ribu, yang belum termasuk untuk mengisi bensin mobilnya. Sang sopir menyayangkan tindakan oknum petugas Dishub yang meminta uang rokok padahal ia baru memiliki uang tersebut untuk keperluan lain.

"Saya cuma megang uang Rp 52 ribu ini, Pak. Nih, Pak. Bapak masih tega mau minta ini, Pak?" ujar sang sopir menjelaskan.

Tindakan tersebut tampaknya tidak menghiraukan kondisi sang sopir, bahkan oknum petugas Dishub menyentil masalah KIR mobil pikap yang sudah mati.

"KIR-nya mati tau dari mana?" tanya sopir mobil pikap.

Ketika sopir itu bertanya dari mana informasi tersebut diperoleh, oknum petugas Dishub hanya menjawab dengan merujuk pada "feeling" atau perasaannya sendiri. Percakapan antara keduanya berakhir ketika oknum petugas Dishub menyadari bahwa tingkah lakunya tengah direkam oleh sopir mobil pikap tersebut.

"Kerjaan saya, feeling saya, intelijen saya feeling. Feeling lah. Buktinya mati kan. Ini mobil tua nih, masa logika aja KIR lulus," kata oknum petugas Dishub.

"Kamu ngerekam mulu," lanjut oknum petugas Dishub.

View this post on Instagram

A post shared by Bapera News (@baperanews)

Baca Juga: Mobil Digembok Dishub Gegara Parkir Sembarangan, Wanita di Makassar Mengamuk