Indah G dan Coki Pardede Dihujat Gegara Bercandai Gerakan Boikot Produk ProIsrael

Indah G dan Coki Pardede menghadapi kecaman publik setelah video podcast mereka yang mengolok-olok gerakan boikot produk pro-Israel menjadi viral.

Indah G dan Coki Pardede Dihujat Gegara Bercandai Gerakan Boikot Produk ProIsrael
Indah G dan Coki Pardede Dihujat Gegara Bercandai Gerakan Boikot Produk ProIsrael. Gambar : Thumbnail Youtube/The Indah G Show

BaperaNews - Indah G, seorang influencer media sosial, bersama komedian Coki Pardede, menghadapi kecaman publik setelah video podcast mereka yang mengolok-olok gerakan boikot produk proIsrael menjadi viral.

Video berjudul "Wokeness, Cancel Culture, Religion vs Science & Boycotting Coffee ft Coki Pardede," diunggah di channel YouTube The Indah G Show pada Rabu (24/7), memicu kontroversi dengan pernyataan dan candaan mereka yang dianggap meremehkan isu serius.

Dalam video tersebut, Indah G bertanya kepada Coki Pardede apakah ia mendukung gerakan boikot Israel atau masih mengonsumsi Starbucks, yang sering dikaitkan dengan dukungan terhadap Israel. Coki Pardede dengan santai menjawab bahwa ia hampir setiap hari masih mengonsumsi kopi Starbucks.

"Gua nggak mau mempersulit diri gua dengan nggak bisa minum kopi enak yang mana gua tahu dengan tidak minum kopi itu juga nggak mengubah apa-apa," kata Coki Pardede.

Ucapan ini disambut gelak tawa oleh Indah G, yang segera menuai kritik tajam dari netizen.

Baca Juga: Usai Unggah Foto Kentang Goreng McDonald's, Kim Taehyung Diboikot Army

Banyak pengguna media sosial mengecam tindakan Indah G dan Coki Pardede, menilai candaan mereka sangat tidak peka dan tidak berperikemanusiaan. Komentar-komentar pedas membanjiri kolom komentar di video YouTube tersebut serta di berbagai platform media sosial lainnya seperti X (sebelumnya Twitter).

Beberapa netizen menuduh mereka merendahkan penderitaan rakyat Palestina yang sedang berjuang melawan penindasan.

"Cara kalian ngetawain aksi boikot sama aja kayak lagi ngetawain puluhan ribu orang yang nggak bersalah, khususnya anak-anak dan wanita yang dibunuh karena mereka cuma lahir sebagai orang Palestina. Indah, semua yang lu omongin selama ini cuma bullshit karena lu cuma pilih-pilih buat suarain kaum minoritas dan orang-orang yang di-opress sama yang lebih kuat, kok bisa lu hidup dengan cara munafik kayak gini?" ungkap @jim*** dalam kolom komentar.

Sejumlah netizen juga mengkritik Indah G dan Coki Pardede karena bertindak hipokrit, mengingat mereka sering menyuarakan hak asasi manusia dan menentang penindasan, tetapi kali ini justru terlihat mendukung perusahaan yang dianggap mendukung kejahatan perang Israel.

"Nggak laku jualan agama lagi sekarang jualan genosida. Remeh bgt c*," ujar @obat**.

Reaksi negatif juga terlihat di platform X, di mana banyak pengguna menyampaikan kekesalan mereka terhadap sikap kedua artis Indonesia tersebut.

"Ewh??? I don't know where to put them, bc the trash bin is full," ungkap @yelv***.

"Getol menyuarakan human rights dan opresi terhadap perempuan, tapi merendahkan gerakan boikot korporasi brengsek tukang union busting. Ya gini lah jadinya kalau (klaimnya) feminis, tapi nggak punya perspektif kelas," ujar @myth*** dalam unggahan X.

"Si paling humanity above religion dan pembela kaum marjinal, tapi "secara halus" pro war criminal state macem Israel ini humor pagi bener. We know what you are," ungkap @Wid***.

Baca Juga: Kecewa Berat, ARMY Arab Saudi Bubar Usai Taehyung Posting Makanan Boikot