Video Viral, Anggota Dishub di Medan Diduga Palak 5 Loyang Martabak

Dishub di Medan tersangka video dan menjadi viral di media sosial usai dirinya diduga memalak martabak agar penjual martabak dapat izin dagang di lahan tersebut. Baca selengkapnya di sini!

Video Viral, Anggota Dishub di Medan Diduga Palak 5 Loyang Martabak
Video Viral, Anggota Dishub di Medan Diduga Palak 5 Loyang Martabak. Gambar: Kolase tangkapan Layar X/@Sammisoh

BaperaNews - Video viral di media sosial memperlihatkan seorang petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan diduga meminta lima loyang martabak kepada seorang pedagang. Dalam video tersebut, perekam menyampaikan bahwa petugas tersebut mengancam akan mengeluarkan surat larangan jualan jika tidak diberi martabak.

“Bapak minta martabak, enggak dikasih bapak keluarkan surat ini (larangan jualan),” ujar perekam video.

Kepala Dishub Kota Medan, Iswar Lubis, angkat bicara terkait insiden tersebut. Meskipun petugas yang terlihat dalam video adalah anggota Dishub, Iswar mengaku tidak yakin apakah tindakan tersebut benar dilakukan oleh anggotanya.

“Saya sih enggak yakin. Memang anggota saya itu (dalam video), tetapi coba saya akan klarifikasi. Tapi saya betul, enggak yakin saya,” kata Iswar pada Selasa (14/5).

Menurut Iswar, petugas tersebut seharusnya sedang menjalankan tugas untuk melarang berdagang atau parkir di lokasi tersebut. Namun, ia menyayangkan jika petugas tersebut membalas larangan dengan meminta martabak secara tidak pantas.

Baca Juga: Banyak Pungli, Dishub DKI Jakarta Tegaskan Parkir di Minimarket Gratis!

Iswar juga menyoroti bahwa dalam video tersebut, tidak terlihat bagian di mana petugas Dishub meminta martabak. Hanya perekam video yang menyampaikan hal tersebut. Iswar meragukan kebenaran klaim tersebut dan menekankan bahwa penyebar video seharusnya dapat membuktikan tuduhan dengan menunjukkan rekaman lengkap.

“Kan saya lihat cuma direkam-rekam enggak mungkinlah mereka ramai-ramai minta martabak,” kata Iswar.

Meskipun merasa tersinggung dengan video tersebut, Iswar menyatakan akan melakukan pengecekan lebih lanjut terkait insiden tersebut. Jika terbukti bahwa anggota Dishub di Medan meminta martabak dengan tidak pantas, Iswar akan memberikan sanksi tegas, bahkan hingga memberhentikan petugas tersebut dari jabatannya.

“Saya akan berhentikan,” tegasnya.

Insiden ini menunjukkan pentingnya integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas sebagai petugas pelayanan masyarakat. Dishub Kota Medan berkomitmen untuk menegakkan standar etika dan perilaku yang tinggi di antara anggotanya untuk menjaga kepercayaan masyarakat.

Baca Juga: Petugas Dishub Dilempar Mangkuk Gegara Ingatkan Warga yang Parkir Sembarangan