Sidang Isbat Lebaran 2023 Akan Digelar Pada Hari Ini, Kamis 20 April

Kementerian Agama bersama lembaga terkait akan menjalani sidang isbat untuk menentukan tanggal Hari Raya Idul Fitri 2023 atau lebaran 2023.

Sidang Isbat Lebaran 2023 Akan Digelar Pada Hari Ini, Kamis 20 April
Sidang Isbat Lebaran 2023. Gambar : Antara Foto/Dok. Fikri Yusuf

BaperaNews - Kementerian Agama (Kemenag) bersama lembaga terkait akan menjalankan sidang isbat untuk menentukan hari 1 Syawal 1444 H atau Hari Raya Idul Fitri 2023 pada 20 April 2023.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin menyebut di tanggal hijriyah, 20 April ialah sama dengan 29 Ramadhan maka Sidang isbat lebaran 2023 dilaksanakan di tanggal tersebut.

“Sidang isbat untuk penetapan 1 syawal 1444 H itu pada tanggal 20 April 2023 atau Kamis, 29 Ramadhan” tutur Kamaruddin pada Kamis (6/4).

Dalam sidang isbat lebaran 2023 tersebut, Kemenag akan mengundang pihak-pihak terkait seperti MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan ormas islam.

Ia juga meminta agar masyarakat saling menghargai jika ada yang menetapkan hari raya Idul Fitri 1444 H di tanggal lain.

“Kita masih menunggu hasil dari sidang isbat, kita tau di Indonesia ini kan demokratis banget, pemerintah memutuskan lebaran besok misalnya, ada pihak lain yang lebaran besoknya lagi atau hari sebelumnya tidak mengikuti pemerintah dan itu ga masalah” lanjutnya.

Baca Juga : Walkot Sukabumi Tak Izinkan Shalat Id Muhammadiyah di Lapangan Merdeka

Pemerintah juga menghargai perbedaan tersebut karena tiap pihak juga punya dasar dalam penentuannya. Beda dengan negara lain yang ikut pada keputusan negara dan wajib diikuti semua pihak.

“Misalnya di Arab Saudi atau di Malaysia, itu ada kaidahnya, istilahnya ada keputusan dari hakim, keputusan itu menghilangkan semua perbedaan, kalau negara sudah memutuskan, warganya disana harus mengikuti” terangnya.

“Tapi kalau kita kan bukan negara agama, kita negara demokrasi yang religius, ya kita enggak memaksa, semua itu keyakinannya masing-masing” pungkas Kamaruddin.

Masyarakat nanti bisa melihat siaran langsung sidang isbat di stasiun TV nasional agar mengetahui kapan lebaran 2023 ini tiba. Sebelumnya penetapan awal ramadhan juga dilakukan dengan sidang isbat yakni pada 23 Maret 2023.

Meski ada pihak lain yang berpuasa lebih awal atau tidak sesuai dengan tanggal awal puasa yang ditetapkan pemerintah berdasarkan sidang isbat, hal ini juga tidak masalah, tiap pihak berhak menentukan sesuai keyakinan dan acuannya asal tidak melanggar aturan dan tetap berpegang pada kitab suci Al Qur’an.

Sementara untuk libur lebaran 2023 telah ditetapkan pemerintah pada tanggal 19-25 April 2023. Selamat menunggu lebaran, semoga tercapai puasa ramadhan yang berkah dan merubah diri kita jadi lebih baik ya.

Baca Juga : 7 Barang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran Naik Mobil!