Jokowi Akan Pimpin Upacara 17 Agustus di IKN, Ma'ruf Amin di Istana Kepresidenan Jakarta

Upacara peringatan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 akan digelar serentak di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Jakarta. Simak selengkapnya di sini!

Jokowi Akan Pimpin Upacara 17 Agustus di IKN, Ma'ruf Amin di Istana Kepresidenan Jakarta
Jokowi Akan Pimpin Upacara 17 Agustus di IKN, Ma'ruf Amin di Istana Kepresidenan Jakarta. Gambar: Instagram/@jokowi

BaperaNews - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 mendatang akan diadakan secara serentak di dua lokasi, yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Jakarta.

Menurut Muhadjir, upacara di IKN akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo, didampingi oleh presiden terpilih Prabowo Subianto. Sementara itu, upacara di Istana Kepresidenan Jakarta akan dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, didampingi oleh wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

"Pak Wapres yang ada di sini, kemudian yang di IKN Insya Allah Pak Presiden langsung," kata Muhadjir.

Selain itu, Muhadjir menyampaikan bahwa karena upacara dilakukan di dua tempat terpisah, pengibaran bendera Merah Putih juga akan dilaksanakan di kedua lokasi tersebut.

"Pengibaran bendera Merah Putih di sana iya, di sini iya," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Persiapan 17-an di IKN Nggak Ada Masalah, Hampir Final

Muhadjir juga menegaskan bahwa persiapan upacara di IKN dan Istana Kepresidenan Jakarta terus dilakukan dengan baik. Ia mengklaim bahwa akomodasi untuk upacara di IKN juga sudah disiapkan, termasuk sarana prasarana yang dikejar penyelesaiannya pada bulan Juli mendatang.

"Akomodasi Insya Allah sudah siap. Karena nanti bandara kepastiannya akhir Juli akan dipastikan fungsionalnya bandara. Jalan tol juga Insya Allah sudah aman. Tapi nunggu sampai akhir Juli," jelas Muhadjir.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan bahwa persiapan upacara 17 Agustus di IKN sudah hampir final. Jokowi menegaskan bahwa tidak ada masalah berarti terkait rencana melaksanakan upacara di IKN.

"Semuanya enggak ada masalah. Jadi pembangunan kira-kira pertengahan Juli yang di sini sudah siap dan akan mulai untuk persiapan 17 Agustus," kata Jokowi.

@baperanews.com

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 mendatang akan diadakan secara serentak di dua lokasi, yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Jakarta. Menurut Muhadjir, upacara di IKN akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo, didampingi oleh presiden terpilih Prabowo Subianto. Sementara itu, upacara di Istana Kepresidenan Jakarta akan dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, didampingi oleh wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. #jokowi #agustusan

♬ original sound - BAPERA NEWS

Baca Juga: Jokowi Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Ruas Bangkinang-Pangkalan Koto Kampar