Jokowi Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Ruas Bangkinang-Pangkalan Koto Kampar

Presiden Jokowi resmikan tol Pekanbaru-Padang ruas Bangkinang-Pangkalan Koto Kampar. Baca selengkapnya di sini!

Jokowi Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Ruas Bangkinang-Pangkalan Koto Kampar
Jokowi Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Ruas Bangkinang-Pangkalan Koto Kampar. Gambar : Wikipedia

BaperaNews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan jalan tol Pekanbaru-Padang ruas Bangkinang-Pangkalan Koto Kampar di Riau, yang merupakan bagian dari proyek besar Tol Trans Sumatera.

Pembangunan jalan tol ini menelan anggaran sebesar Rp4,8 triliun dan memiliki panjang 24,7 km, dimulai sejak 2019 hingga selesai pada 2024. Peresmian ini dilakukan pada Jumat, (31/5).

Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan rasa syukur atas selesainya proyek ini dan berharap agar jalan tol ini terus terhubung hingga mencapai Kota Padang.

"Alhamdulillah hari ini jalan tol Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-Pangkalan tahap 1, yaitu Bangkinang-Koto Kampar telah selesai, dengan panjang 24,7 km yang kita bangun sejak 2019-2024, menghabiskan anggaran Rp 4,8 triliun telah selesai dan bisa digunakan," ujar Jokowi dalam peresmian tersebut.

Jalan tol ini merupakan salah satu sirip dari Tol Trans Sumatera yang diharapkan oleh Jokowi akan terus berkembang setiap tahunnya.

"Ini adalah sirip dari tol Trans Sumatera yang kita harapkan nanti setiap tahun terus akan sambung-sambung dan nanti akan sampai ke dari Pekanbaru sampai ke Kota Padang," jelasnya.

Baca Juga: Resmi! Jokowi Izinkan Ormas Keagamaan Kelola Lahan Tambang

Selain meresmikan jalan tol, Jokowi juga mengumumkan perbaikan jalan daerah di Riau. Inpres (Instruksi Presiden) mengenai perbaikan jalan daerah ini mencakup 63 km jalan dengan total anggaran Rp369 miliar.

"Kedua berkaitan dengan jalan daerah di provinsi Riau telah dibangun dan diperbaiki 10 ruas jalan sepanjang 63 km dan menghabiskan anggaran Rp369 miliar juga selesai," ucapnya.

Jokowi meminta agar kepala daerah setempat memastikan jalan inpres daerah tersebut tersambung dengan kawasan-kawasan produktif seperti pertanian, perkebunan, dan pariwisata. Tujuannya agar perbaikan jalan ini benar-benar membawa manfaat bagi mobilitas orang dan barang serta pertumbuhan ekonomi daerah.

"Saya hanya titip kepada gubernur, bupati, dan wali kota yang hadir agar jalan tol yang telah selesai ini direncanakan, didesain untuk disambungkan ke kawasan-kawasan produktif, kawasan pertanian, kawasan perkebunan, kawasan pariwisata sehingga betul-betul ada manfaatnya bagi rakyat untuk pertumbuhan ekonomi daerah dan juga mobilitas orang dan barang bisa lebih cepat sehingga kita bisa bersaing dengan negara lain di dunia," ujar Jokowi.

Proyek jalan tol Pekanbaru-Padang ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan konektivitas antarwilayah di Sumatera dan mendorong pertumbuhan ekonomi regional.

Dengan adanya jalan tol ini, diharapkan waktu tempuh antar kota dapat berkurang, sehingga memperlancar arus logistik dan mobilitas penduduk.

Dengan terselesaikannya proyek jalan tol ini, masyarakat diharapkan dapat merasakan langsung manfaatnya, terutama dalam hal efisiensi waktu dan biaya transportasi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Melayat Istri Habib Luthfi Bin Yahya di Pekalongan