Presiden Jokowi Melayat Istri Habib Luthfi Bin Yahya di Pekalongan

Presiden Jokowi dan sejumlah menteri turut melayat atas meninggalnya istri Habib Luthfi untuk menyampaikan belasungkawa dan melakukan salat jenazah berjemaah. Simak selengkapnya di sini!

Presiden Jokowi Melayat Istri Habib Luthfi Bin Yahya di Pekalongan
Presiden Jokowi Melayat Istri Habib Luthfi Bin Yahya di Pekalongan. Gambar: Instagram/@jokowi

BaperaNews - Presiden Joko Widodo melayat ke rumah duka almarhumah Syarifah Salma binti Hasyim bin Yahya, istri dari pendakwah sekaligus anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Habib Luthfi bin Yahya di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, pada Rabu (29/5).

Kehadiran Presiden Jokowi di rumah duka menunjukkan rasa belasungkawa terhadap keluarga Habib Luthfi. Presiden Jokowi tiba sekitar pukul 11.05 WIB dan disambut oleh putra pertama Habib Luthfi, Habib Baha'udin Al-Alawi bin Yahya.

Di rumah duka, Presiden Jokowi berbincang dengan perwakilan keluarga dan mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan serta kesabaran. Selain itu, Presiden dan sejumlah menteri turut melakukan salat jenazah berjemaah sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada almarhumah.

Mendiang Syarifah Salma meninggal dunia pada usia 66 tahun di RS Budi Rahayu, Kota Pekalongan, pada pukul 21.55 WIB, Selasa (28/5).

Syarifah Salma dikenal selalu mendampingi Habib Luthfi dalam berbagai kegiatan dakwah dan tugasnya sebagai anggota Wantimpres. Jenazah istri Habib Luthfi bin Yahya dimakamkan di pemakaman keluarga di Kompleks Maqbarah Sapuro, Kota Pekalongan, sekitar pukul 14.00 WIB pada hari Rabu (28/5).

Acara pemakaman ini dihadiri oleh banyak tokoh penting dan masyarakat yang ingin memberikan penghormatan terakhir kepada almarhumah.

Baca Juga: Kunjungan Gubernur Jenderal Hurley Buat Jokowi Yakin Pererat Hubungan Indonesia-Australia

Menteri yang turut mendampingi Presiden dalam takziah tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Habib Luthfi bin Yahya, yang merupakan seorang pendakwah ternama dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden, dikenal luas karena kiprahnya dalam menyebarkan nilai-nilai Islam. Kehilangan istri tercinta tentu menjadi pukulan berat bagi Habib Luthfi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan belasungkawa secara langsung kepada Habib Luthfi bin Yahya dan keluarga.

"Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan kesabaran," ujar Presiden. Ucapan ini disambut dengan rasa haru dari keluarga dan para pelayat yang hadir.

Acara melayat ini juga dihadiri oleh berbagai tokoh agama dan masyarakat yang mengenal dekat keluarga Habib Luthfi. Mereka datang dari berbagai daerah untuk memberikan penghormatan terakhir kepada almarhumah Syarifah Salma. 

Baca Juga: Jokowi Bakal Resmikan Balai Uji Coba Gadget 5G Terbesar di Asia Tenggara