Viral Makam Mahasiswi UMY Dibongkar Sehari Usai Dimakamkan, Ini Kronologi Lengkapnya!

Makam mahasiswi kedokteran UMY di Desa Binangun, Purbalingga, dibongkar sehari setelah pemakaman, diduga karena percobaan pencurian mayat/perusakan makam. Baca selengkapnya di sini!

Viral Makam Mahasiswi UMY Dibongkar Sehari Usai Dimakamkan, Ini Kronologi Lengkapnya!
Viral Makam Mahasiswi UMY Dibongkar Sehari Usai Dimakamkan, Ini Kronologi Lengkapnya!. Gambar: Humas Polri Purbalingga

BaperaNews - Kejadian mengejutkan terjadi di Desa Binangun, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga. Makam seorang mahasiswi UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) jurusan kedokteran yang baru saja dimakamkan sehari sebelumnya, ditemukan dalam keadaan terbongkar pada Senin (20/5) pagi.

EN (19), mahasiswi tersebut, meninggal dunia karena sakit pada Minggu (19/5) dan dimakamkan di pemakaman umum setempat. Namun, keesokan paginya, warga setempat digegerkan oleh penemuan makam yang dirusak.

Perangkat Desa Binangun, Prio Dwi Handoyo, menjelaskan bahwa terdapat lubang bekas galian pada makam mahasiswi UMY tersebut.

"Pagi tadi, ada warga lewat dan melihat di kuburannya ada bekas galian, lalu dilaporkan ke desa dan dilanjutkan ke kepolisian," ujar Prio.

Kepala Desa Binangun, Maksum, menambahkan bahwa sebelum meninggal, almarhumah sempat dirawat di rumah sakit, namun beberapa hari terakhir dia berada di rumah dan meninggal. Pada Senin pagi, makam EN ditemukan dalam kondisi tergali sekitar satu meter.

"Sudah tergali kurang lebih satu meter. Dugaan percobaan pencurian mayat," katanya.

Untuk memastikan kondisi jenazah, warga memutuskan menggali lagi makam tersebut.

"Jenazah masih utuh, kuburan cukup dalam, yaitu dua meter. Bambu penghalang masih lengkap, dan semua masih lengkap," terang Maksum.

Dia juga menekankan bahwa ini merupakan kejadian perusakan makam pertama kali di desa tersebut. Adapun pelaku pembongkaran makam masih dalam penyelidikan termasuk apa motifnya.

Baca Juga: Viral! Caleg Bongkar Makam Warga Gegara Keluarga Alm Tidak Mencoblos Dirinya

"Dengan kejadian tersebut warga akan memberlakukan ronda malam lebih intensif," katanya.

Kapolsek Mrebet, AKP Muslimun, mengatakan bahwa pihaknya telah menerima laporan adanya makam dalam keadaan terbongkar di pemakaman Desa Binangun.

"Kejadian pertama kali diketahui oleh saksi bernama Sodirin (44), warga desa setempat, yang saat itu sedang ke makam ibunya," jelas Muslimun.

Saat itu, saksi yang akan mengunjungi makam orang tuanya mendapati ada satu makam yang kondisinya terbuka. Kemudian, saksi melaporkan kejadian tersebut ke perangkat desa setempat yang diteruskan ke pihak kepolisian.

Polisi dari Polsek Mrebet yang datang ke lokasi kemudian memasang garis polisi untuk mengamankan tempat kejadian. Selanjutnya, tim Satreskrim dan Inafis Polres Purbalingga melakukan pemeriksaan dan olah tempat kejadian perkara (TKP).

"Hasil pemeriksaan di TKP benar telah terjadi pembongkaran atau penggalian makam milik almarhumah. Namun kondisi jenazah berikut kain kafan maupun talinya masih dalam keadaan utuh dan lengkap," jelas Muslimun.

Setelah dilakukan pemeriksaan, jenazah kembali dimakamkan oleh warga desa setempat di lokasi sebelumnya.

"Terkait kejadian tersebut pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui siapa pelaku pembongkaran makam tersebut dan apa motifnya," tambah Muslimun.

Peristiwa makam mahasiswi UMY dibongkar ini menjadi viral dan menghebohkan masyarakat.

Warga Desa Binangun kini lebih waspada dan berencana untuk meningkatkan patroli malam demi mencegah kejadian serupa terulang. 

Baca Juga: Geger Kuburan Mayat Bayi Aborsi di Jaksel, Ternyata Makam Kucing