Berkomplot Dengan Paranormal Palsu, Wanita Tega Tipu Ibu Sendiri Hingga Rp 2 Triliun

Seorang wanita asal Brasil tega menipu ibunya sendiri yang berumur 82 tahun dengan berkomplot menyamar sebagai paranormal.

Berkomplot Dengan Paranormal Palsu, Wanita Tega Tipu Ibu Sendiri Hingga Rp 2 Triliun
Seorang wanita asal Brasil tega menipu ibunya sendiri yang berumur 82 tahun dengan berkomplot menyamar sebagai paranormal. Gambar : AP/POLISI RIO DE JANEIRO

BaperaNews - Seorang wanita bernama Sabine Coll Boghici (48) tega menipu ibunya sendiri dengan berkomplot menyamar sebagai paranormal. Wanita asal Brasil ini berhasil ditangkap atas tuduhan berkomplot menipu ibunya yang berusia 82 tahun, Genevieve Boghici.

Genevieve merupakan seorang istri mendingan kolektor seni Jean Boghici. Sabine tegar menipu ibunya sendiri demua uang, karya seni, hingga perhiasaan dengan total hingga 724 juta reais atau setara dengan Rp 2 triliun.

Penangkapan Sabine turut mengungkap jaringan penipuan yang telah terjadi selama bertahun-tahun yang menurut polisi melibatkan paranormal gadungan. Mereka kerap menipu beberapa pelukis terkenal di Brasil.

Tak hanya Sabine, dalam kasus ini empat orang lainnya juga ikut ditangkap. Namun, dua pelaku lainnya yakni Diana Rosa Aparecida Stanesco Vuletic dan Slavko Vuletic masih dalam pencarian.

Penipuan yang dilakukan oleh kompolotan paranormal palsu ini dimulai pada 2020 ketika Genevieve didekati seorang paranormal yang meramalkan kematian putrinya sudah dekat.

Kemudian korban dibawa ke beberapa paranormal lainnya. Menurut polisi, para tersangka menggunakan informasi yang didapat dari putrinya untuk menipu Genevieve yang putus asa agar mentransfer uang untuk membayar “perawatan spiritual”

Lalu pada bulan-bulan berikutnya, polisi menduga tersangka secara fisik mengancam Genevieve dan dia ditahan di rumah selama berbulan-bulan oleh putrinya.

Baca Juga : Dior Kembali Dikecam, Warga China Tuding Dior Lakukan Perampasan Budaya

Sabine dan komplotannya yang menyamar sebagai paranormal "mengambil karya seni dari rumah (ibu), mengeklaim bahwa lukisan itu dikutuk dengan sesuatu yang negatif, dengan energi negatif yang perlu didoakan," kata polisi Rio de Janeiro bernama Gilberto Ribeiro.

Setelah hampir setahun dianiaya oleh Sabine dan antek-anteknya, korban kemudian melapor ke polisi. Polisi menyampaikan dalam kasus ini, 16 lukisan berhasil dicuri oleh para tersangka termasuk lukisan karya seniman terkenal Brasil seperti Rubens Gerchman, Cicero Dias, dan Alberto Guignard.

Sebanyak tiga karya dari pelukis modernis ikonik Tarsila do Amaral berjudul O Sono, Sol Poente, dan Pont Neuf juga dicuri, yang secara total ditaksir polisi senilai 700 juta reais (Rp 2 triliun).

Sol Poente karya Amaral termasuk di antara 11 lukisan yang ditemukan pada Rabu (10/8) dalam penggerebekan polisi Rio de Janeiro di salah satu rumah komplotan paranormal gadungan itu.

Otoritas setempat juga menemukan tiga lukisan di Sao Paulo, yang dua di antaranya dijual ke museum di Buenos Aires tetapi belum ditemukan.

Menurut polisi, tujuh orang diduga terlibat dalam kasus ini selama bertahun-tahun. Mereka menghadapi tuduhan penggelapan, perampokan, pemerasan, pemenjaraan palsu, dan asosiasi kriminal.

Baca Juga : Alasan Kenapa Warga Korea Selatan Enggan Punya Anak