Vladimir Putin Ajak Kim Jong Un Berkeliling Pyongyang Menggunakan Limusin Buatan Rusia

Vladimir Putin mengajak Kim Jong Un berkeliling Pyongyang menggunakan limusin mewah Aurus, memperkuat aliansi militer dengan penandatanganan perjanjian baru. Simak selengkapnya di sini!

Vladimir Putin Ajak Kim Jong Un Berkeliling Pyongyang Menggunakan Limusin Buatan Rusia
Vladimir Putin Ajak Kim Jong Un Berkeliling Pyongyang Menggunakan Limusin Buatan Rusia. Gambar: Dok. Reuters

BaperaNews - Presiden Rusia Vladimir Putin mengajak pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berkeliling Pyongyang menggunakan limusin mewah Aurus buatan Rusia pada kunjungan resmi yang berlangsung penuh kemegahan, Rabu lalu (19/6).

Pertemuan ini juga menandai penandatanganan perjanjian yang memperdalam kerja sama militer antara kedua negara, dengan janji saling membantu jika diserang.

Dalam video yang dirilis oleh televisi pemerintah Rusia, Putin terlihat mengemudikan sendiri limusin lapis baja berwarna hitam yang merupakan mobil resmi kepresidenannya di Rusia. Sementara itu, Kim Jong Un duduk di kursi penumpang.

Mobil tersebut melintasi jalan yang melewati sebuah taman sebelum berhenti. Seorang pria Korea berjas dan mengenakan sarung tangan putih terlihat membukakan pintu untuk Kim, kemudian bergegas untuk menahan pintu Putin.

Setelah keluar dari mobil, Putin dan Kim berjalan berdampingan di sebuah jalan setapak di kawasan hutan, berbincang-bincang dengan seorang pria yang mungkin adalah pengawal mereka.

Kim diyakini sangat antusias dengan otomotif. Salah satu pembantu Putin mengatakan bahwa pemimpin Rusia itu telah memberi Kim sebuah limusin Aurus buatan Rusia sebagai hadiah.

Ini bukan pertama kalinya Kim menerima limusin dari Putin. Pada Februari tahun ini, kedua negara menyatakan bahwa Putin telah memberikan Kim sebuah limusin Aurus. Dengan demikian, Kim kini memiliki setidaknya dua kendaraan tersebut.

Baca Juga: Vladimir Putin Bertemu Kim Jong Un: Seluruh Pimpinan Dunia Was-was

Limusin Aurus, yang bergaya retro seperti limusin ZIL era Soviet, adalah mobil resmi kepresidenan Rusia. Putin sendiri menggunakannya pada upacara pelantikan presiden terbarunya pada Mei.

Ketika Kim Jong Un mengunjungi Rusia timur pada September tahun lalu, Putin juga sempat menunjukkan kepadanya salah satu kendaraan tersebut. Kim duduk di samping Putin di dalam mobil dan tampak menikmatinya.

Kim Jong Un diketahui memiliki banyak koleksi kendaraan mewah asing, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang melarang ekspor barang mewah ke Korea Utara. Ia terlihat mengendarai limusin Maybach, beberapa Mercedes, Rolls-Royce Phantom, dan kendaraan sport Lexus.

Langkah Putin untuk memberikan limusin Aurus kepada Kim juga mencerminkan hubungan dekat antara kedua pemimpin.

Menurut pejabat senior Rusia, negara tersebut akan mulai memproduksi mobil mewah Aurus di bekas pabrik Toyota di St. Petersburg tahun ini. Lembaga analisis Rusia, Autostat, melaporkan bahwa sebanyak 40 mobil bermerek Aurus telah terjual di Rusia sepanjang tahun ini.

Kedua pemimpin menandatangani perjanjian yang memperdalam kerja sama militer mereka selama pertemuan tersebut. Perjanjian ini mencakup janji untuk saling membantu jika diserang. Kim Jong Un menyebut hubungan baru ini sebagai "aliansi". 

Baca Juga: Siap Tandingi Playstation dan Xbox, Vladimir Putin Ingin Rusia Buat Konsol Game