Jokowi Beri Pengarahan ke Kepala Daerah Se-Indonesia Perdana Bersejarah di IKN

Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan kepada kepala daerah di Ibu Kota Nusantara untuk pertama kalinya.

Jokowi Beri Pengarahan ke Kepala Daerah Se-Indonesia Perdana Bersejarah di IKN
Jokowi Beri Pengarahan ke Kepala Daerah se-Indonesia Perdana Bersejarah di IKN. Gambar:

BaperaNews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pengarahan kepada kepala daerah se-Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (13/8).

Pertemuan ini menjadi momen bersejarah karena untuk pertama kalinya pengarahan bagi para kepala daerah dilakukan di IKN, yang merupakan proyek strategis nasional sebagai calon ibu kota baru Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengungkapkan bahwa total pejabat yang hadir di IKN mencapai 517 orang.

“Untuk penjabat sebanyak 273 orang, gubernur ada 10 yang definitif dan penjabat ada 28. Hadir saat ini langsung 517 gubernur, bupati, wali kota baik penjabat maupun yang definitif," ujar Tito saat menyampaikan sambutannya.

Tito juga menyebutkan bahwa beberapa kepala daerah tidak dapat hadir karena berbagai alasan, termasuk masalah kesehatan dan kewajiban mengikuti sidang paripurna di DPRD masing-masing.

"Ada kepala daerah yang berhalangan hadir, di antaranya Gubernur Kalimantan Selatan yang sedang sakit dan Gubernur Sumatera Barat yang harus mendampingi ibundanya yang sedang sakit. Selain itu, ada juga yang tidak mendapatkan transportasi karena rebutan pesawat menuju Balikpapan," tambah Tito.

Sebelum pengarahan dimulai, para kepala daerah diajak berkeliling IKN untuk melihat perkembangan proyek ini secara langsung. Tito menilai, kehadiran para kepala daerah ini menjadikan mereka sebagai saksi sejarah dalam pembangunan IKN.

Baca Juga: Jokowi Pimpin Sidang Kabinet Perdana Bersejarah di IKN Nusantara

"Kita semua adalah bagian dari pelaku sejarah, karena mungkin 50 tahun ke depan, foto-foto yang kita ambil di sini akan menjadi kenangan sejarah," katanya.

Para kepala daerah yang hadir menginap di Hotel Nusantara, yang merupakan salah satu fasilitas di kawasan IKN. Tito mengapresiasi komitmen mereka yang telah bersedia hadir dalam pengarahan ini.

“Kami ucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Presiden yang telah memberikan kesempatan untuk hadir langsung di sini, di tempat yang sangat megah ini. Selanjutnya, kami siap menerima arahan dari Bapak Presiden," ujar Tito.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada para gubernur, bupati, dan wali kota yang hadir.

“Selamat datang di Ibu Kota Nusantara,” kata Jokowi yang disambut tepuk tangan meriah dari para hadirin.

Pengarahan ini menjadi bagian dari agenda Jokowi dalam memantau langsung perkembangan pembangunan IKN dan memastikan kesiapan semua pihak terkait dalam mendukung proyek ini.

IKN direncanakan akan menjadi pusat pemerintahan baru Indonesia, menggantikan Jakarta, dengan tujuan untuk mengurangi beban Jakarta serta mendorong pemerataan pembangunan di luar Pulau Jawa.

Baca Juga: Jokowi Ajak Para Menteri Keliling Sumbu Angkasa IKN Didampingi Wapres dan Prabowo