Listyo Sigit Prabowo dan Komisioner Kepolisian Belanda Tandatangani MoU Penanggulangan Kejahatan Transnasional

Polri dan Kepolisian Belanda resmi menandatangani MoU untuk memperkuat kerja sama dalam pemberantasan kejahatan transnasional.

Listyo Sigit Prabowo dan Komisioner Kepolisian Belanda Tandatangani MoU Penanggulangan Kejahatan Transnasional
Listyo Sigit Prabowo dan Komisioner Kepolisian Belanda Tandatangani MoU Penanggulangan Kejahatan Transnasional. Gambar : Instagram/@listyosigitprabowo

BaperaNews - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Komisioner Kepolisian Belanda, Komisaris Janny Knol, dilansir dari akun X milik Listyo, resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait pencegahan dan penanggulangan kejahatan transnasional.

Penandatanganan ini berlangsung di Markas Besar Kepolisian Belanda, dan dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Belanda, Drs. Mayerfas.

Kesepakatan ini menandai langkah penting dalam memperkuat hubungan antara Polri dan Kepolisian Belanda yang telah terjalin erat selama bertahun-tahun.

Fokus utama dari MoU ini adalah pengembangan kapasitas kedua institusi dan peningkatan kerjasama dalam upaya memberantas berbagai bentuk kejahatan transnasional yang semakin kompleks di era globalisasi.

Baca Juga: Kapolri Listyo Sigit Prabowo Lantik Kakorlantas dan Sejumlah Pejabat Polri Baru

"Semoga kesepakatan ini dapat berkontribusi terhadap peningkatan stabilitas dan keamanan kedua negara, khususnya dalam pemberantasan kejahatan transnasional," ujar Kapolri Listyo Sigit Prabowo dalam akun X miliknya, usai penandatanganan MoU.

Menurutnya, kerja sama internasional seperti ini sangat penting untuk memperkuat upaya penegakan hukum, terutama dalam hal kejahatan terorganisir, perdagangan narkoba, terorisme, dan cybercrime.

Kejahatan transnasional, seperti perdagangan narkoba, perdagangan manusia, terorisme, dan cybercrime, telah menjadi tantangan global yang memerlukan kerja sama internasional yang solid.

Dengan MoU ini, Polri dan Kepolisian Belanda berkomitmen untuk meningkatkan koordinasi dalam berbagai operasi penegakan hukum lintas batas.

Baca Juga: Jokowi Beri Pengarahan ke Kepala Daerah Se-Indonesia Perdana Bersejarah di IKN