Resmi Rilis, iPhone 16 Punya Tombol "Camera Control"

Apple baru saja meluncurkan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus dengan desain kamera vertikal dan camera control hingga berbagai fitur canggih seperti ray tracing dan Apple Intelligence.

Resmi Rilis, iPhone 16 Punya Tombol "Camera Control"
Resmi Rilis, iPhone 16 Punya Tombol Camera Control. Gambar : Kolase Tangkapan Layar X/@ijustine

BaperaNews - Apple baru saja meluncurkan dua ponsel terbarunya, yaitu iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, dalam acara "It's Glowtime".

Acara ini berlangsung pada Senin, (9/9), waktu Amerika Serikat, dan di Indonesia, kita bisa menyaksikannya pada Selasa dini hari, (10/9). Ponsel ini membawa beberapa perbedaan signifikan dibandingkan pendahulunya, iPhone 15.

Salah satu perubahan mencolok adalah desain kamera belakang yang kini disusun secara vertikal, mirip dengan iPhone X. Desain ini menggantikan susunan diagonal yang ada pada iPhone 15.

Kamera belakang pada iPhone 16 dan iPhone 16 Plus dimuat dalam modul vertikal berbentuk pil, lengkap dengan lampu LED flash untuk memudahkan fotografi di kondisi minim cahaya.

Selain itu, Apple juga menghilangkan tombol geser Mute Switch yang biasa digunakan untuk mematikan suara saat ada panggilan. Sebagai gantinya, kedua ponsel ini kini dilengkapi dengan tombol Action Button, yang sebelumnya hadir di iPhone 15 Pro. 

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus juga memiliki tombol Camera Control. Terletak di kanan bawah ponsel, tombol ini memungkinkan pengguna untuk memfokuskan kamera dengan lembut dan mengambil gambar dengan maksimal.

Menariknya, tombol ini juga sensitif terhadap sentuhan, sehingga pengguna dapat menggesernya untuk menyesuaikan pengaturan zoom. Antarmuka zoom akan ditampilkan di layar di bawah tombol tersebut.

Baca Juga: iPhone 16 Rilis! Simak Beberapa Apple yang Sudah Tidak Produksi Lagi

Dalam hal tampilan, iPhone 16 memiliki layar OLED berukuran 6,1 inci, sedangkan iPhone 16 Plus hadir dengan layar yang lebih besar, yaitu 6,7 inci. Keduanya memiliki resolusi tinggi dan tingkat kecerahan maksimum 2.000 nits, serta dilindungi oleh kaca Ceramic Shield generasi terbaru.

Untuk sektor fotografi, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus dilengkapi dengan kamera utama 48 MP, serta opsi kamera telefoto 12 MP dan ultra wide 12 MP.

Keduanya juga mampu mengambil foto dan video spasial, yang sebelumnya hanya tersedia di iPhone 15 Pro. Kamera selfie-nya memiliki resolusi 12 MP, cocok untuk kamu yang suka ber-selfie.

Di dalamnya, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus ditenagai oleh chip A18 yang lebih bertenaga dan efisien. Chip ini diklaim 30 persen lebih cepat dibandingkan chip A16 Bionic yang ada di iPhone 15.

Selain itu, chip ini juga lebih hemat daya dan memiliki unit pengolah grafis yang lebih baik, sehingga cocok untuk gaming dan aplikasi berat.

Apple juga memperkenalkan fitur Apple Intelligence, yang merupakan serangkaian kemampuan kecerdasan buatan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menulis dan meringkas teks, membuat gambar, serta menghadirkan asisten virtual Siri yang lebih pintar.

Menariknya, Apple menjamin bahwa data pengguna tidak akan disimpan berkat sistem Private Cloud Compute yang mereka gunakan.

Fitur ray tracing berbasis hardware juga menjadi sorotan, memungkinkan visualisasi efek cahaya yang lebih realistis dalam game. Dengan dukungan ini, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus dapat menjalankan berbagai game berbujet tinggi dengan kualitas grafis.

Berbicara tentang daya tahan, kedua ponsel ini dilengkapi dengan baterai yang lebih besar. Meskipun Apple tidak mengungkapkan kapasitasnya, iPhone 16 dapat bertahan hingga 22 jam untuk pemutaran video, sedangkan iPhone 16 Plus dapat bertahan hingga 27 jam. 

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus hadir dalam beberapa pilihan warna, termasuk putih, hitam, merah jambu, hijau, dan biru.

Pre-order untuk ponsel ini akan dibuka pada 13 September 2024, dan penjualan perdana dimulai pada 20 September. Untuk harga, iPhone 16 dibanderol mulai dari 799 dollar AS, sementara iPhone 16 Plus mulai dari 899 dollar AS.

Baca Juga: Apple: iPhone X hingga Airpods Gen 1 jadi Produk Jadul