Alasan Kenapa Shopee Indonesia PHK Sejumlah Karyawan

Perusahaan PT Shopee Indonesia melakukan PHK sejumlah karyawannya pada Senin (19/9). Kebijakan ini jadi langkah terakhir dalam menghadapi ekonomi global.

Alasan Kenapa Shopee Indonesia PHK Sejumlah Karyawan
Alasan kenapa Shopee Indonesia PHK sejumlah karyawan. Gambar : geekculture

BaperaNews - Perusahaan E-commerce Shopee yakni PT Shopee Indonesia melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sejumlah karyawannya pada Senin (19/9). Kebijakan ini jadi langkah terakhir dalam menghadapi ekonomi global.

PHK karyawan Shopee Indonesia bukan lagi menjadi kabar yang mengejutkan, sebab secara global Shopee sudah melakukan PHK di berbagai negara.

Dalam keterangan tertulisnya, Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira mengatakan bila perusahaan harus mengambil langkah terakhir yakni PHK karyawan meski dengan pertimbangan yang sulit.

"Kondisi ekonomi global menuntut kami untuk lebih cepat beradaptasi serta mengevaluasi prioritas bisnis agar bisa menjadi lebih efisien. Ini merupakan sebuah keputusan yang sangat sulit," ungkap Radynal (19/9).

Radynal Nataprawira menjelaskan bila langkah efisiensi ini menjadi fokus perusahaannya dalam mewujudkan kemandirian dan keberlanjutan.

"Perusahaan akan berfokus ke pertumbuhan bisnis yang mandiri serta berkelanjutan, dan kami ingin memperkuat dan memastikan operasional perusahaan kami stabil di situasi ekonomi saat ini," ucapnya.

Baca Juga : Penerima Manfaat Kartu Prakerja Yang Tak Sesuai Kriteria Terancam Dibekukan

Meski begitu Shopee Indonesia berkomitmen untuk memberikan dukungan bagi karyawan yang terdampak dari kebijakan PHK ini.

Shopee Indonesia berjanji untuk memberikan pesangon sesuai ketentuan perundang-undang.

"Proses ini akan dilakukan berdasarkan peraturan pemerintah. Karyawan yang terdampak PHK akan mendapatkan pesangon sesuai ketentuan perundang-undangan dengan tambahan 1 bulan gaji," paparnya.

Fasilitas asuransi kesehatan perusahaan juga masih dapat digunakan karyawan hingga akhir tahun dengan seluruh manfaatnya.

Sebelumnya langkah efisiensi telah dilakukan Shopee Indonesia sebelum akhirnya mem-PHK sejumlah karyawannya. Sumber dari Tempo menyebutkan tak hanya berbagai fasilitas tak lagi diberikan kepada karyawan untuk menekan biaya, salah satunya adalah penghematan dari biaya perjalanan bisnis.

Namun, PHK karyawan di Shopee Indonesia pada akhirnya tidak dapat dihindari.

Mesti begitu, Shopee Indonesia memastikan dengan PHK karyawan ini tidak mempengaruhi operasional bisnis dan layanan mereka baik kepada penjual, pembeli maupun mitra di Indonesia.