Kemeriahan Ragamuda 2024: Rayakan Semarak Persatuan

Ratusan peserta dari berbagai sekolah mengikuti Ragamuda 2024 di Jakarta, merayakan persatuan dan toleransi dengan Pawai di Car Free Day.

Kemeriahan Ragamuda 2024: Rayakan Semarak Persatuan
Kemeriahan Ragamuda 2024: Rayakan Semarak Persatuan. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Ragamuda 2024 menjadi sorotan utama di Jakarta dengan kehadiran lebih dari ratusan peserta dari berbagai sekolah menengah atas dan komunitas. Kegiatan ini tidak hanya sekadar perayaan, tetapi juga merupakan bentuk ungkapan cinta terhadap keberagaman dan toleransi di kalangan pemuda di Indonesia.

Kegiatan Ragamuda sebelumnya telah diadakan oleh OSIS SMA Al-Izhar Pondok Labu bekerja sama dengan Presidium SMA Kolese Kanisius pada tahun 2017 dengan tema "Plural-is-Me."

Di tahun 2023, kegiatan ini kembali diselenggarakan bersama OSISKA SMAK Pangudi Luhur Brawijaya dengan tema "Suara Pemuda Merdeka." Kedua acara ini bertujuan untuk menyuarakan peran pemuda dalam memupuk persatuan dan kebhinekaan.

Program Ragamuda telah berkontribusi dalam menanamkan nilai toleransi di kalangan pelajar. Selain itu, kegiatan ini juga memperkuat rasa persatuan di antara pelajar, mendorong mereka untuk saling menghargai satu sama lain. 

Untuk tahun ini, Ragamuda berfokus mempererat hubungan antarpemuda dan menghadirkan inovasi yang lebih meriah. Kami berencana mengadakan pawai kebudayaan bertema "Pawai Pemuda" di Bundaran HI, yang menampilkan pemuda sebagai pionir persatuan yang mengedepankan toleransi. 

Selain itu, diadakan pula festival bertema "LARAS Pemuda" di Sarinah yang menampilkan keindahan budaya Indonesia, serta mengundang empat sekolah baru untuk berkolaborasi Ragamuda 2024.

Ketua Ragamuda 2024 dari Kolese Kanisius, Christoforus Carlo Vico Saputro, menyampaikan harapannya bahwa acara tahun ini dapat mempererat hubungan antar pemuda.

"Kami ingin menciptakan inovasi yang lebih meriah," ujarnya.

Salah satu agenda utama yang sangat dinanti adalah Pawai Pemuda, yang telah berlangsung di Bundaran HI.

Pawai Pemuda dimulai dari SMA Kanisius dan berakhir di Sarinah. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari perayaan HUT RI ke-79 yang dikemas dalam acara Car Free Day (CFD).

Dengan berbagai penampilan budaya dari sekolah-sekolah yang berpartisipasi, puncak acara ini diharapkan memberikan kesan. 

Khayr Izmunawar Suharnoko, Ketua Ragamuda 2024 dari Al-Izhar Pondok Labu, menjelaskan bahwa kegiatan ini lahir dari kesadaran pemuda sebagai calon pemimpin bangsa.

"Sikap toleransi harus dibiasakan sejak dini karena generasi mudalah yang nantinya akan memegang kendali atas masa depan Indonesia," ujarnya. 

Wakil Ketua Ragamuda 2024, Alifah Callysta Imansurya, juga menambahkan bahwa tahun ini acara akan lebih seru dan menarik dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Kami memiliki enam sekolah kolaborator, jumlah yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya," ungkapnya.

Keberagaman peserta dan penampilan dari masing-masing sekolah ini diharapkan menambah kemeriahan acara dan memperkuat semangat persatuan di kalangan pemuda.

Panitia Media Partner Ragamuda 2024, Padre Pio Wisnu dari Kolese Kanisius, menuturkan bahwa Ragamuda 2024 mengalami peningkatan jumlah kolaborator.

"Dengan harapan untuk terus dapat menguatkan, memperluas, dan memperkaya acara ini, marilah kita bersatu dalam Ragamuda dan senantiasa Rayakan Semarak Persatuan!" ujarnya. 

Setiap peserta pawai yang mengenakan pakaian adat dan membawa banner bertema #RayakanSemarakPersatuan.

Sepanjang perjalanan, mereka juga menggaungkan yel-yel dan lagu-lagu nasional yang semakin menghidupkan suasana.

Ragamuda diharapkan bisa menumbuhkan nilai-nilai toleransi dan persatuan di kalangan anak muda, tidak hanya bagi peserta, tetapi juga masyarakat yang menyaksikan pawai tersebut.

View this post on Instagram

A post shared by Bapera News (@baperanews)