Simak! Cara Cek Sinyal TV Digital Secara Online

Seluruh wilayah Indonesia saat ini sudah menggunakan siaran TV Digital, namun jangkauan sinyalnya memang belum merata. Berikut cara cek sinyal TV Digital secara online.

Simak! Cara Cek Sinyal TV Digital Secara Online
Cara Cek Sinyal TV Digital Secara Online. Gambar : Unsplash.com/Dok. Jens Kreuter

BaperaNews - Jangkauan sinyal TV Digital bisa diperiksa kuat atau tidaknya berdasarkan lokasi, hal ini perlu diketahui pengguna layanan siaran TV Digital. Jika sinyal kuat, maka siaran TV Digital yang ditampilkan akan lebih jelas, jernih, dan tidak tersendat suaranya. Sebaliknya, jika sinyal lemah, siaran akan terganggu.

Siaran TV Digital memang belum merata jaringannya di Indonesia meski TV Analog sudah dimatikan di sebagian besar wilayah Indonesia. Kemkominfo Indonesia sudah mengganti siaran TV Analog menjadi siaran TV Digital sejak akhir tahun 2022, agar masyarakat bisa menikmati siaran TV yang lebih baik.

Siaran TV Digital didapat dari modulasi sinyal digital serta sistem kompresi sehingga menghasilkan kualitas gambar yang lebih dalam dan suara lebih jernih, teknologi yang dipakai juga lebih bagus dari TV Analog.

Kominfo menegaskan Indonesia memang sudah saatnya beralih ke TV Digital agar pemerataan jaringan di Indonesia bisa lebih baik, namun pengguna siaran TV Digital juga bertanya-tanya apakah sinyal TV Digital memang bisa kuat di wilayahnya? Nah, hal ini bisa diperiksa dengan aplikasi “sinyalTVdigital” yang dirilis oleh Kominfo.

Selain melalui aplikasi, kekuatan sinyal TV Digital juga bisa diperiksa melalui website Kominfo siarandigital.kominfo.go.id, berikut cara cek sinyal TV Digital secara online yang telah dirangkum Tim Redaksi Bapera News.

Baca Juga : Simak Cara Pasang Set Top Box Di Dua TV!

Cara Cek Sinyal TV Digital Secara Online 

Cara Cek Sinyal Tv Digital Secara Online Via Aplikasi sinyalTVdigital

  • Unduh aplikasi sinyalTVdigital terlebih dahulu di Play Store atau App Store.
  • Beri izin pada aplikasi untuk akses lokasi Anda.
  • Lihat warna di titik lokasi Anda. Jika warna merah atau orange artinya sinyal kuat, jika kuning atau hijau artinya sinyal sedang, jika biru atau abu-abu artinya sinyal lemah.
  • Klik ikon pemancar untuk mengetahui saluran TV apa saja yang bisa dilihat di lokasi Anda.
  • Atau masukkan lokasi di kolom “Cari Lokasi” kemudian lihat jangkauan sinyalnya.

Cara Cek Sinyal Tv Digital Secara Online Via Website Kominfo

  • Kunjungi laman siarandigital.kominfo.go.id.
  • Klik “Wilayah Siaran TV Digital”.
  • Masukkan nama kota atau wilayahnya di kolom “Cari Wilayah” dan klik “Cari”.
  • Akan muncul informasi bagaimana kualitas dan kekuatan sinyal TV Digital di wilayah tersebut.

Itulah cara cek sinyal TV Digital secara online di suatu wilayah, yuk coba periksa, agar Anda lebih mudah mengatur saluran TV Digital di rumah Anda, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Daftar Harga Set Top Box (STB) Terbaik Untuk Siaran TV Digital