Apple Rilis iPad Mini Terbaru dengan Chip A17 Pro dan Apple Intellegence

Apple resmi meluncurkan iPad Mini generasi ketujuh dengan sejumlah peningkatan, penggunaan chip A17 Pro yang canggih serta integrasi kecerdasan buatan Apple Intelligence.

Apple Rilis iPad Mini Terbaru dengan Chip A17 Pro dan Apple Intellegence
Apple Rilis iPad Mini Terbaru dengan Chip A17 Pro dan Apple Intellegence. Gambar : Dok. apple.com

BaperaNews - Apple secara resmi meluncurkan tablet terbarunya, iPad Mini generasi ketujuh (iPad Mini 2024), pada Selasa (15/10). 

Tablet ini hadir dengan sejumlah peningkatan, salah satunya adalah penggunaan chip A17 Pro yang canggih serta integrasi kecerdasan buatan Apple Intelligence.

Ini menandai kembalinya model iPad Mini setelah absen selama tiga tahun, sejak model terakhir dirilis pada 2021. 

Chip A17 Pro yang ditanamkan dalam iPad Mini 2024 dibuat dengan fabrikasi 3 nm, menawarkan performa signifikan dibandingkan pendahulunya, A15 Bionic.

Chip ini memiliki enam inti (dua inti performa dan empat inti hemat daya), serta unit pengolah grafis (GPU) dengan enam core. Apple mengklaim, chip ini mampu meningkatkan performa CPU hingga 30 persen dan performa GPU hingga 25 persen dibandingkan dengan model sebelumnya. 

Teknologi ray tracing berbasis hardware yang diusung oleh A17 Pro juga merupakan salah satu fitur andalan.

Dengan ray tracing empat kali lebih cepat dibandingkan versi berbasis software, visual dalam game dan aplikasi grafis tinggi akan tampak lebih realistis, terutama dalam efek cahaya dan bayangan.

iPad Mini 2024 bahkan diklaim mampu menjalankan game kelas AAA seperti Zenless Zone Zero dari Hoyoverse.

Tak hanya peningkatan di sisi performa, iPad Mini generasi terbaru ini juga mendukung stylus digital Apple Pencil Pro, yang sebelumnya tidak kompatibel dengan model iPad Mini 6.

Apple Pencil Pro membawa berbagai fitur canggih seperti sensitivitas tekanan, haptic feedback, dan kontrol gestur, yang memungkinkan pengguna memiliki pengalaman lebih optimal saat menulis atau menggambar di layar tablet.

Bob Borchers, Vice President Worldwide Product Marketing Apple, dalam pernyataannya di laman resmi Apple, mengatakan, “Dengan chip A17 Pro yang tangguh, konektivitas yang lebih cepat, dan dukungan Apple Pencil Pro, iPad Mini baru menghadirkan pengalaman iPad sepenuhnya dalam desain kami yang paling portabel dengan nilai yang luar biasa.”

Baca Juga : Apple Buka Pendaftaran Swift Student Challenge Februari 2025, Simak Cara Daftarnya!

iPad Mini 2024 juga menjadi tablet Apple pertama yang mendukung Apple Intelligence, sebuah teknologi kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan pengguna menulis dan meringkas teks secara otomatis, menciptakan gambar, emoji, serta meningkatkan kemampuan asisten virtual Siri.

Namun, untuk saat ini, fitur Apple Intelligence hanya mendukung bahasa Inggris Amerika Serikat, dan akan mulai tersedia lewat pembaruan iPadOS 18.1 pada Oktober 2024.

Selain teknologi terbaru dan chip A17 Pro, iPad Mini 2024 juga mengalami peningkatan dalam hal penyimpanan.

Kapasitas penyimpanan di model baru ini dimulai dari 128 GB hingga 512 GB, dibandingkan dengan iPad Mini 6 yang hanya menawarkan kapasitas hingga 256 GB. 

Dengan kapasitas yang lebih besar, pengguna dapat menyimpan lebih banyak file, aplikasi, dan game tanpa khawatir kehabisan ruang.

Konektivitas pada iPad Mini 2024 juga telah ditingkatkan dengan dukungan Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.3, serta port USB Type-C 3.1 Gen 2 yang memiliki kecepatan transfer data hingga 10 Gbps.

Perangkat ini juga tersedia dalam dua varian, yaitu iPad Mini Wi-Fi dan iPad Mini Wi-Fi + Cellular. Untuk varian Wi-Fi + Cellular, tablet ini menggunakan eSIM yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan paket data seluler tanpa memerlukan kartu SIM fisik.

Dari sisi kamera, iPad Mini 2024 dilengkapi dengan kamera utama 12 MP yang didukung oleh Smart HDR 4 dan teknologi kecerdasan buatan yang mampu meningkatkan detail foto serta menghapus bayangan pada dokumen yang dipotret. Ini menjadi fitur yang sangat membantu bagi pengguna yang sering mengirim dokumen secara digital.

Tablet ini tersedia dalam beberapa pilihan warna, seperti biru (Blue), ungu (Purple), abu-abu (Space Gray), dan putih (Starlight). Layar 8,3 inci Liquid Retina IPS LCD yang digunakan juga tetap sama dengan resolusi 2.266 x 1.488 piksel, refresh rate 60 Hz, dan rasio aspek 3:2, mirip dengan model iPad Mini 2021.

Harga iPad Mini 2024 dimulai dari 499 dollar AS (sekitar Rp 7,7 juta) untuk varian Wi-Fi dengan penyimpanan 128 GB. Varian Wi-Fi + Cellular dengan kapasitas yang sama dijual seharga 649 dollar AS (sekitar Rp 10,1 juta).

iPad Mini terbaru sudah bisa dipesan sejak 15 Oktober di 29 negara, termasuk Amerika Serikat, dan akan tersedia di toko-toko mulai 23 Oktober 2024.

Baca Juga : Kominfo Jelaskan Alasan Apple Belum Buka Pabrik di Indonesia