YouTuber Winson Reynaldi Tuai Kecaman Usai Parodikan Paus Fransiskus di Kursi Roda

Video parodi Paus Fransiskus oleh Winson Reynaldi menuai kritik dari netizen.

YouTuber Winson Reynaldi Tuai Kecaman Usai Parodikan Paus Fransiskus di Kursi Roda
YouTuber Winson Reynaldi Tuai Kecaman Usai Parodikan Paus Fransiskus di Kursi Roda. Gambar : Kolase Tangkapan layar X/@dotresmv

BaperaNews - Winson Reynaldi, kini sedang menjadi sorotan publik setelah membuat video yang memparodikan Paus Fransiskus. Konten tersebut langsung menuai kecaman dari warganet, yang merasa bahwa tindakan tersebut sangat tidak pantas, terutama karena menyangkut tokoh agama.

Video yang diposting di akun Instagram Winson Reynaldi itu menunjukkan dirinya mengenakan pakaian putih dengan simbol salib, serta penutup kepala berwarna krem. Dalam video tersebut, Winson terlihat turun dari mobil dan duduk di kursi roda.

Aksi ini pun langsung menarik perhatian banyak orang, hingga salah satu akun di X, @dotresmv, mengunggah potongan video tersebut dengan komentar.

"Aduh Winson Reynaldi, kali ini lu kena sih Winson," tulis keterangan akun tersebut.

Setelah duduk di kursi roda, Winson Reynaldi terlihat melakukan beberapa adegan yang dianggap tidak pantas. Salah satunya, ia menggerakkan kursi roda dengan kakinya, lalu seorang pria datang dan bersimpuh di pangkuannya. Dalam momen tersebut, Winson memegang kepala pria itu seolah-olah sedang memberkati jamaah.

Tak hanya itu, ada juga adegan di mana seorang pria bertopeng monster berwarna merah berjingkrak ke arahnya, dan Winson pun berpura-pura memukul pria tersebut dengan benda mirip kapak.

Adegan tersebut berakhir dengan pria bertopeng yang tergeletak di tanah, sementara Winson kembali melanjutkan perjalanannya dengan kursi roda. 

Baca Juga: Usai 19 Tahun Bersama, Manajer Hesti Purwadinata Meninggal Dunia

Reaksi dari warganet pun sangat beragam. Banyak yang mengecam tindakan Winson Reynaldi, menilai bahwa konten tersebut tidak mendidik dan bisa menyinggung perasaan umat beragama.

Salah satu akun di X, @Blue****, bahkan menandai Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, meminta agar konten tersebut ditindaklanjuti karena dianggap menistakan agama. 

"Yth. @DivHumas_Polri @CCICPolri mohon ditindaklanjuti perihal konten ybs, krn menistakan/melecehkan agama, tidak mendidik, tidak berfaedah," tulis akun X @Blue****.

Menanggapi hal tersebut, akun resmi Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri (CCIC) memberikan balasan.

"Halo sobat siber. Terima kasih atas informasinya. Kami akan melakukan pendalaman dan penyelidikan terhadap kasus yang dimaksud," balasnya. 

Setelah video tersebut viral dan menuai banyak kritik, Winson Reynaldi pun menghapus video itu dari akun Instagram-nya. Sebagai bentuk permintaan maaf, ia mengunggah foto dengan caption sederhana.

"Saya minta maaf," ungkap Winson.

Baca Juga: Jennie Blackpink Dikabarkan Ingin Rilis Solo Usai Gabung dengan Colombia Records