Menakjubkan! Begini Penampakan Desain Final Istana Kepresidenan Di Ibu Kota Indonesia Yang Baru

Desain final Istana Kepresidenan di Ibu Kota Indonesia yang baru yakni Kalimantan Timur sudah disetujui oleh Presiden Jokowi, intip penampakannya!

Menakjubkan! Begini Penampakan Desain Final Istana Kepresidenan Di Ibu Kota Indonesia Yang Baru
Desain final Istana IKN. Gambar : instagram.com/ @nyoman_nuarta

BaperaNews - Indonesia akan mengubah Ibu Kota Indonesia dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur, kini desain Istana presiden sudah rampung dibuat dan diserahkan serta disetujui oleh Presiden Jokowi.

“Yang memfinalkan desainnya ini Pak Presiden Jokowi, sudah disetujui, saya sudah presentasi secara langsung di Istana Presiden Jakarta” kata I Nyoman Nuarta kepada IDN Times Selasa 4/1/2022, pembuat desain Ibu Kota Indonesia yang baru tersebut.

“Desain Istana kepresidenan Ibu Kota Indonesia yang baru telah selesai dan disambut dengan gembira, sudah disetujui Bapak Presiden Jokowi. Gambar ini saya presentasikan sewaktu mendapat undangan untuk menyampaikan desainnya di Istana Merdeka tanggal 3/1/2022. Terima kasih atas dukungannya untuk saya dapat menciptakan karya yang original, yang murni khas Indonesia, tidak ada pengaruh kolonial” tulis Nyoman dalam postingan instagramnya @nyoman_nuarta.

Berikut gambaran dari Istana Kepresidenan tersebut :

  1.       Dikelilingi hutan

Gambar : Tangkapan layar Redaksi Baperanews.com pada Instagram/Nyoman_Nuarta

Desai Istana presiden di Ibu Kota Indonesia yang baru akan dikelilingi hutan, Presiden Jokowi menginginkan banyak area hijau. “Pak Presiden Jokowi ingin konsepnya botanical garden, itu yang perlu ditonjolkan” ucap Nyoman.

  1.       Ada museum

Gambar : Tangkapan layar Redaksi Baperanews.com pada Instagram/Nyoman_Nuarta

Delapan gedung baru setidaknya akan dibuat di Istana Kepresidenan Ibu Kota Indonesia yang baru, mulai dari gedung istana, pavilion, kantor presiden, gedung edukasi dengan museum, gedung sekretariat presiden, gedung paspampres, gedung staff khusus, wisma negara, gedung utilitas, dan gedung pemadaman kebakaran. Total luasnya sekitar 50 ha gedung dan area hijau ditambah 50 ha kawasan hutan.

  1.       Gambaran utama

Gambar : Tangkapan layar Redaksi Baperanews.com pada Instagram/Nyoman_Nuarta

Desain utama Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara Baru ini berupa area gedung besar dengan ujung area berbentuk burung garuda yang terbentang sayapnya, serta di sekelilingnya area hijau dan hutan.

Rencananya, Pemerintah akan pindah Ibu Kota Indonesia ke Kalimantan Timur pada tahun 2024 dimana segala persiapan sudah dimulai. Presiden Jokowi juga menunjukkan desain Ibu Kota Negara Baru yang lebih detail melalui video singkat di akun twitter resmi beliau @Jokowi.

“Salah satu usulan desain bangunan ikonik untuk Ibu Kota Negara Baru adalah Istana Negara yang didesain I Nyoman Nuarta” kata Presiden Jokowi dalam postingan beliau Jumat 2/4/2022. Dalam video itu nampak gambaran gedung yang sama dengan postingan Nyoman, bangunan yang berdiri megah dengan bagian belakang menyerupai burung garuda terbentang sayapnya seolah melindungi istana tersebut.

Sementara teras gedung Ibu Kota Indonesia yang baru nantinya ada banyak tangga dipenuhi pepohonan, di bagian depan lapangan rumput luas, juga dikelilingi pepohonan. Nampak desain tersebut begitu tenang dan memberi kesan rimbun, dikelilingi sungai dan tempat terbuka yang luas namun juga modern.