Andika Perkasa Siap Maju di Pilgub Jakarta 2024

Dalam acara Rakernas PDIP, Andika Perkasa menyatakan kesiapannya untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024 jika diusung oleh PDIP. Simak selengkapnya di sini!

Andika Perkasa Siap Maju di Pilgub Jakarta 2024
Andika Perkasa Siap Maju di Pilgub Jakarta 2024. Gambar : Instagram/@jenderaltniandikaperkasa

BaperaNews - Eks Panglima TNI Andika Perkasa menyatakan kesiapannya untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau Pilgub Jakarta 2024 jika diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Kalau diperintah siap," ujar Andika ketika ditemui di area Rakernas V PDIP, Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri secara resmi mengumumkan Andika Perkasa sebagai kader baru partai. Megawati menyampaikan pengumuman tersebut dalam pembukaan Rakernas PDIP.

Andika tampak mengenakan seragam kader PDIP saat Megawati menyapa dirinya dalam sambutan Rakernas. Kehadirannya disambut riuh oleh sekitar 5000 anggota partai dan tamu undangan yang hadir.

Dalam sambutannya, Megawati sempat bercanda dengan menyebut bahwa Andika, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, memiliki banyak penggemar.

"Kamu jangan loyo loh, eh pak Andika ini dia nya kesemsem PDIP loh. Sekarang dia KTA-nya PDIP loh, asal jangan mbalelo aja kapan-kapan ya," kata Megawati, disambut tawa dan tepuk tangan dari hadirin.

Baca Juga: HNW Ucapkan Terima Kasih atas Pengakuan Spanyol Terhadap Negara Palestina

Andika Perkasa, yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima TNI dari 2021 hingga 2022, dikenal sebagai sosok yang tegas dan berwibawa. Saat dilantik sebagai Panglima, ia menjadi Panglima TNI tertua dalam sejarah dengan usia 55 tahun.

Rekor ini kemudian dipecahkan oleh Laksamana Yudo Margono yang menggantikan posisinya pada 19 Desember 2022. Sebelum menjabat sebagai Panglima, Andika juga pernah menduduki posisi sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat.

Lahir dari keluarga campuran Magelang, Jawa Tengah, dan Blitar, Jawa Timur, Andika menikah dengan Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono, putri dari Jenderal TNI A.M. Hendropriyono.

Nama Andika sudah sering disebut-sebut dalam bursa calon untuk Pilkada DKI Jakarta. Namun, keputusan final mengenai pencalonannya akan ditentukan oleh PDIP setelah Rakernas ini.

Baca Juga: Yusril Ihza Mahendra Putuskan Mundur dari Ketum PBB