Presiden Jokowi Tinjau Manajemen dan Kualitas Pelayanan Kesehatan di RSUD Dr Zainoel Abidin

Presiden Jokowi mengunjungi RSUD dr. Zainoel Abidin di Aceh untuk mengevaluasi pelayanan kesehatan dan mendorong peningkatan kapasitas layanan.

Presiden Jokowi Tinjau Manajemen dan Kualitas Pelayanan Kesehatan di RSUD Dr Zainoel Abidin
Presiden Jokowi Tinjau Manajemen dan Kualitas Pelayanan Kesehatan di RSUD Dr Zainoel Abidin. Gambar : Dok.Sekretariat Negara

BaperaNews - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Zainoel Abidin di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh pada Senin (9/9).

Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Presiden di Aceh untuk melihat langsung bagaimana pelayanan kesehatan di rumah sakit rujukan terbesar di provinsi tersebut.

Dalam pernyataannya kepada awak media, Jokowi memberikan apresiasi terhadap manajemen RSUD dr. Zainoel Abidin. Ia menilai bahwa rumah sakit tersebut sudah berjalan dengan baik dan bersih.

Selain itu, Presiden juga memastikan bahwa beberapa alat kesehatan dari Kementerian Kesehatan telah tiba, termasuk alat untuk kateterisasi jantung, atau yang dikenal dengan istilah cathlab.

“Rumah sakit milik provinsi ini saya melihat manajemennya bagus, bersih. Kiriman alat kesehatan dari Kementerian Kesehatan tadi saya cek sudah datang, seperti cathlab. Tetapi yang MRI dan CT scan, saya kira kalau tidak tahun ini, maksimal tahun depan,” ujar Jokowi.

Jokowi juga menyoroti tingginya jumlah pasien yang mencapai sekitar dua ribu orang per hari. Dengan angka yang cukup besar ini, ia mengungkapkan bahwa perlu dipertimbangkan penambahan tempat tidur agar kapasitas layanan di rumah sakit bisa ditingkatkan.

Baca Juga: Jelang Purnatugas, Jokowi Akan Ngantor di IKN selama 40 Hari Mulai Besok

“Pelayanan kesehatan di sini memang luar biasa, sehari bisa 2 ribuan pasien, jadi saya kira perlu dipikirkan untuk memperbanyak tempat tidurnya,” ungkap Jokowi.

Selama kunjungan, Jokowi juga bertemu dengan beberapa pasien yang memberikan tanggapan mengenai pelayanan di RSUD dr. Zainoel Abidin. Salah satunya adalah Sri Hardiyanti, warga Kabupaten Bener Meriah, yang menyebutkan bahwa rumah sakit ini menjadi rujukan utama bagi warga dari daerah terpencil di Aceh.

Meskipun ia merasa pelayanan di rumah sakit sudah cukup baik, Sri berharap ada peningkatan lebih lanjut agar masyarakat tidak kesulitan mendapatkan layanan medis.

“Kami dari Bener Meriah, rumah sakit ini rumah sakit rujukan dari daerah-daerah terpencil. Pelayanannya lumayan, tapi harapannya ke depannya bisa lebih ditingkatkan lagi, terutama agar masyarakat tidak susah untuk masuk karena banyaknya pasien,” ungkap Sri.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kunjungan tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pj. Gubernur Aceh Safrisal ZA, Pj. Wali Kota Banda Aceh Ade Surya, dan Direktur RSUD dr. Zainoel Abidin dr. Isra Firmansyah.

@baperanews.com Presiden Jokowi mengunjungi RSUD dr. Zainoel Abidin di Aceh untuk mengevaluasi pelayanan kesehatan dan mendorong peningkatan kapasitas layanan #jokowi #rsud #aceh ♬ Epic News - DM Production

Baca Juga: Jokowi Meresmikan Gedung Pelayanan Kanker Ibu dan Anak di RS Dharmais