Jokowi Diantar ke Bandara, Prabowo Akan Diarak ke Istana Saat Pelantikan Presiden

Prabowo Subianto akan diarak menuju Istana Negara setelah dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia ke-8 pada Minggu (20/10). 

Jokowi Diantar ke Bandara, Prabowo Akan Diarak ke Istana Saat Pelantikan Presiden
Jokowi Diantar ke Bandara, Prabowo Akan Diarak ke Istana Saat Pelantikan Presiden. Gambar : Instagram/@prabowo

BaperaNews - Presiden terpilih Prabowo Subianto akan diarak menuju Istana Negara setelah dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia ke-8 pada Minggu (20/10). 

Rencana ini diungkapkan oleh Ketua Umum Relawan Prabowo Mania, Immanuel Ebenezer. 

Relawan Prabowo Mania, yang sebelumnya dikenal sebagai Jokowi Mania, kini mendukung Prabowo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Selain mengarak Prabowo ke Istana Negara, para sukarelawan juga akan mengantarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Bandara Halim Perdanakusuma, sebelum Jokowi pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah.

Immanuel menjelaskan, relawan dari kedua kubu akan menyelenggarakan dua acara besar pada hari tersebut.

“Nanti, tanggal 20 Oktober itu, kami, sukarelawan Jokowi dan sukarelawan Prabowo, pertama, akan bikin acara nganter Pak Prabowo ke Istana,” ujarnya.

“Kedua, kami akan nganter Pak Jokowi ke (Bandara) Halim untuk pulang ke Solo. Dari Solo, beliau (Jokowi) akan disambut oleh para pendukungnya juga,” imbuhnya.

Immanuel Ebenezer menyatakan bahwa Prabowo akan diarak ke Istana Negara sebagai bentuk apresiasi terhadap proses demokrasi yang berjalan dengan baik, yang membawa Ketua Umum Partai Gerindra tersebut menjadi presiden.

Menurutnya, tradisi arak-arakan ini juga merupakan cara untuk menyambut pemimpin baru sekaligus melepas pemimpin yang telah meninggalkan legacy atau warisan yang baik, dalam hal ini Presiden Joko Widodo.

“Ya kita juga harus sambut dengan baik. Antarkan Pak Jokowi dengan baik,” kata Immanuel.

Baca Juga : Prabowo Subianto Undang 59 Tokoh ke Hambalang untuk Pembekalan Calon Menteri

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa acara arak-arakan Prabowo menuju Istana Negara dan pengantaran Jokowi ke bandara akan dihadiri oleh puluhan ribu sukarelawan dari seluruh Indonesia. 

Menurut Immanuel, para sukarelawan ini datang ke Jakarta dengan biaya sendiri sebagai bentuk dukungan dan apresiasi terhadap kedua tokoh tersebut.

Meski demikian, titik kumpul para sukarelawan untuk arak-arakan Prabowo masih dalam tahap diskusi. “Untuk skenario arak-arakannya sampai detik ini masih kami diskusikan. Semoga pada 18 Oktober nanti sudah ada agenda final,” ungkap Immanuel.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, pelantikan Presiden Prabowo Subianto akan dilaksanakan pada Minggu (20/10), pukul 10.00 WIB.

Prabowo akan dilantik bersama Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta.

Selain Prabowo dan Gibran, acara pelantikan ini akan dihadiri oleh mantan presiden dan wakil presiden, termasuk Presiden Joko Widodo, yang juga telah menerima undangan resmi.

Surat undangan pelantikan tersebut telah diantarkan langsung oleh Ketua MPR, Ahmad Muzani, kepada Jokowi dan para mantan pemimpin negara lainnya.

Acara pelantikan presiden juga akan dihadiri oleh calon presiden dan wakil presiden yang turut bertarung dalam Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Kehadiran mereka menandakan semangat demokrasi yang tetap dijaga meskipun kompetisi pilpres telah berakhir.

Wakil Ketua MPR, Abcandra Muhammad Akbar Supratman, menyampaikan bahwa pelantikan presiden kali ini juga akan dihadiri oleh sekitar 21 perwakilan dari negara-negara sahabat.

“Ada 21 kalau enggak salah, negara-negara sahabat. Mohon doanya ya supaya lancar,” ujarnya.

Baca Juga : Lebih dari 100 Tokoh Telah Dipanggil oleh Prabowo Sebagai Calon Menteri-Wamen