Jokowi Ajak Para Menteri Keliling Sumbu Angkasa IKN Didampingi Wapres dan Prabowo

Presiden Jokowi, Wapres Ma’ruf Amin, dan presiden terpilih Prabowo Subianto mengunjungi Sumbu Angkasa di IKN sebelum memimpin sidang kabinet perdana.

Jokowi Ajak Para Menteri Keliling Sumbu Angkasa IKN Didampingi Wapres dan Prabowo
Jokowi Ajak Para menteri Keliling Sumbu Angkasa IKN Didampingi Wapres dan Prabowo. Gambar : Instagram/@jokowi

BaperaNews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak jajaran menteri untuk berkeliling kawasan Sumbu Angkasa di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8). Didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan presiden terpilih Prabowo Subianto, Jokowi memulai kegiatan ini sebelum memimpin sidang kabinet perdana di IKN.

Jokowi, mengenakan kemeja putih dan celana hitam, berjalan di depan para menteri bersama Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto. Dalam kunjungan ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono turut serta memberikan penjelasan terkait kawasan tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan kepada Presiden Jokowi dan para menteri tentang fungsi dan luas kawasan Sumbu Angkasa di IKN.

“Ini luasnya 8 hektar dengan kapasitas 66.000 meter kubik. Fungsinya adalah untuk konservasi air. Karena memang semua run off kita tampung di bumbung,” kata Basuki.

Penjelasan ini menegaskan peran strategis Sumbu Angkasa dalam mengelola sumber daya air di IKN, yang dirancang sebagai kota hutan dengan konsep pembangunan berkelanjutan. Kawasan ini diharapkan mampu mendukung IKN sebagai pusat pemerintahan yang modern dan ramah lingkungan.

Baca Juga: 40 Nakes TNI Bakal Diberangkatkan ke Gaza Atas Arahan dari Prabowo Subianto

Sidang Kabinet Perdana di IKN

Setelah mengelilingi Sumbu Angkasa, Presiden Jokowi bersama Wapres Ma’ruf Amin dan presiden terpilih Prabowo Subianto melanjutkan kegiatan dengan memimpin sidang kabinet paripurna perdana di IKN.

Sidang ini merupakan yang pertama kali diadakan di ibu kota baru tersebut, menandai dimulainya operasional pemerintahan di IKN.

Sidang kabinet ini dihadiri oleh seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju dan sejumlah pejabat tinggi negara lainnya. Beberapa topik penting yang dibahas antara lain kelanjutan pembangunan IKN dan transisi pemerintahan menjelang berakhirnya masa jabatan Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Motoran Bareng Artis dan Influencer di Tol IKN, Ada Raffi Ahmad hingga Atta Halilintar