Jokowi Pimpin Sidang Kabinet Perdana Bersejarah di IKN Nusantara

Presiden Jokowi memimpin sidang kabinet paripurna perdana di IKN, Kalimantan Timur.

Jokowi Pimpin Sidang Kabinet Perdana Bersejarah di IKN Nusantara
Jokowi Pimpin Sidang Kabinet Perdana Bersejarah di IKN Nusantara. Gambar : Dok.Kompas

BaperaNews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin sidang kabinet paripurna perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Senin (12/8). Sidang ini menjadi momen bersejarah karena untuk pertama kalinya sidang kabinet digelar di lokasi baru tersebut.

Sidang kabinet ini dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, para menteri Kabinet Indonesia Maju, serta sejumlah pejabat tinggi negara, termasuk Kepala BIN Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Jaksa Agung ST Burhanuddin. Sebelum memulai sidang, Wakil Presiden Ma’ruf Amin memimpin doa bersama.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa sidang ini sangat istimewa karena untuk pertama kalinya diadakan di IKN.

“Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, pada pagi hari ini kita bisa melakukan sidang kabinet yang istimewa, karena dilaksanakan pertama kali di Ibu Kota Negara Nusantara,” ujar Jokowi.

IKN: Kota Hutan dan Smart City

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa IKN dirancang dengan konsep kota hutan (forest city) dan smart city.

Baca Juga: Kereta Otonom IKN dari China Mulai Tiba di Jakarta 16 Juli

“IKN adalah sebuah kanvas yang mengukir masa depan, dan tak semua negara memiliki kemampuan untuk membangun ibu kotanya dari nol,” ungkapnya.

Selain itu, Jokowi menyebut bahwa IKN memiliki kondisi udara yang sangat bersih dan segar. Menurutnya, indeks kualitas udara di IKN sangat rendah, yaitu berada di angka 6, jauh di bawah angka maksimal 50.

“Kita merasakan tadi pagi betapa sangat sejuk, dingin, dan segar,” katanya.

Topik Pembahasan Sidang Kabinet

Dalam sidang kabinet tersebut, Jokowi mengungkapkan beberapa topik penting yang akan dibahas. Pertama, mengenai kelanjutan pembangunan IKN. Kedua, sidang akan membahas tentang Purchasing Managers' Index (PMI), yang menjadi indikator penting dalam dunia ekonomi. Ketiga, akan dibahas mengenai transisi pemerintahan dan persiapan yang harus dilakukan oleh setiap kementerian.

“Yang ketiga, masalah lain-lain yang memang untuk keberlanjutan ini apa, transisinya apa yang harus disiapkan oleh semua kementerian,” jelas Jokowi.

Groundbreaking Infrastruktur IKN

Selain sidang kabinet, Jokowi dan para menteri juga dijadwalkan untuk melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) sejumlah infrastruktur di IKN. Salah satu yang akan di-groundbreaking adalah Istana Wakil Presiden, yang akan dilakukan oleh Wapres Ma’ruf Amin.

Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi akan berada di IKN selama beberapa hari ke depan untuk berkantor dan mengawasi langsung pembangunan infrastruktur di ibu kota baru tersebut.

@baperanews.com Presiden Jokowi memimpin sidang kabinet paripurna perdana di IKN, Kalimantan Timur #jokowidodo #ikn #sidangparipurna ♬ Breaking News - Breaking News

Baca Juga: Kereta Tanpa Rel di IKN Mulai Uji Coba Agustus 2024