Alasan PAN dan Golkar Beri Dukungan Untuk Prabowo Dibanding Anies dan Ganjar

Partai PAN dan Partai Golkar memutuskan memberikan dukungannya terhadap Capres Prabowo Subianto, dibanding Anies dan Ganjar.

Alasan PAN dan Golkar Beri Dukungan Untuk Prabowo Dibanding Anies dan Ganjar
Alasan Pan dan Golkar Beri Dukungan Untuk Prabowo Dibanding Anies dan Ganjar. Gambar: Antara Foto/Dok. Galih Pradipta

BaperaNewsPAN (Partai Amanat Nasional) dan Golkar (Partai Golongan Karya) memutuskan memberi dukungan pada Capres Prabowo Subianto untuk Pemilu 2024.

Keputusan disampaikan melalui deklarasi yang dihadiri keempat Ketua Umum Partai di Museum Perumusan Naskah Proklamasi Jakarta hari Minggu pagi (13/8).

Meski PAN (Partai Amanat Nasional) dan Golkar (Partai Golongan Karya) memutuskan memberi dukungan pada Capres Prabowo Subianto untuk Pemilu 2024, sebelumnya PAN dan Golkar berada dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PPP (Partai Persatuan Pembangunan).

Namun koalisi mulai goyah ketika PPP menyatakan dukungannya kepada Capres Ganjar Pranowo yang diusung PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Persatuan). PAN dan Golkar beri dukungan kemudian menunggu perkembangan politik untuk putuskan kepada siapa dukungan diberikan.

PAN dan Golkar beri dukungan juga sempat mengusung Anies Baswedan bersama PDIP dan KIB namun pada akhirnya mereka labuhkan dukungan kepada Prabowo Subianto.

Ketum PAN Zulkifli Hasan mengungkap alasannya mendukung Prabowo untuk Pilpres 2024. Menurutnya, PAN sudah lama menjalin hubungan baik dengan Prabowo dan ia optimis perjuangan Prabowo untuk jadi pemimpin Indonesia akan tuntas.

“Kenapa PAN ambil keputusan itu? Karena kami sudah 10 tahun bersama Pak Prabowo. Kalau tinggal sedikit kenapa tidak sabar. Kami yakin perjuangan selama 10 tahun akan tuntas” kata Zulhas di Menteng hari Minggu (13/8).

Baca Juga : Ketum Golkar Yakin Prabowo Bisa Buat Indonesia Maju

Zulhas menekankan akan lanjutkan pencapaian dan kinerja Presiden Jokowi bersama Prabowo. Ia menyebut Indonesia bisa menjadi negara maju jika dipimpin oleh orang yang tepat.

“Kalau kita punya pemimpin yang tepat, cita-cita Indonesia merdeka dan 100 tahun Indonesia merdeka untuk menjadi negara maju bisa tercapai InsyaAllah” pungkas Zulhas.

Zulhas berharap koalisi yang dibangun bersama Golkar, Gerindra, dan PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) bisa menangkan Prabowo di Pilpres 2024.

Sedangkan Ketum Golkar Airlangga Hartarto menyebut keputusan mendukung Prabowo di Pilpres 2024 telah dibicarakan dengan internal partai dengan salah satu alasan ada hubungan dekat.

“Kenapa Golkar beri dukungan jatuhkan pilihan pada Prabowo? karena Letnan Jenderal Prabowo lahir juga dari Partai Golkar. Oleh sebab itu beliau ikut kegiatan di Golkar dan kekayaannya tidak diragukan lagi, Beliau searah, selegaliter, dan setujuan dengan Golkar” ucap Airlangga.

PAN (Partai Amanat Nasional) dan Golkar (Partai Golongan Karya) memutuskan memberi dukungan pada Capres Prabowo Subianto untuk Pemilu 2024 dan kedua partai tersebut sedang koalisi partai lainnya menyebut akan berjuang bersama untuk kemenangan Prabowo di Pilpres 2024.

Baca Juga : Partai Golkar Resmi Dukung Prabowo Dalam Pilpres 2024