Resmi! Vaksin Booster Dimulai 12 Januari 2022, Jokowi Pastikan Gratis

Presiden Jokowi resmi mengumumkan bahwa pemberian vaksin booster dimulai hari ini Rabu (12/1/22) dan dipastikan gratis dan tidak berbayar. Simak Beritanya Dibawah!

Resmi! Vaksin Booster Dimulai 12 Januari 2022, Jokowi Pastikan Gratis
Presiden Jokowi. Gambar : Dok. Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden

BaperaNews - Presiden Jokowi resmi mengumumkan vaksin booster covid19 akan dimulai Rabu 12/1/2022, adapun warga yang diprioritaskan setelah tenaga kesehatan dan pekerja negara yang berhubungan dengan pelayanan public ialah lansia dan kelompok rentan atau yang memiliki penyakit tertentu dan telah menjalankan vaksin covid-19 lengkap.

“Tanggal 12 Januari, mulai besok pemerintah akan menjalankan vaksinasi covid-19 ketiga yakni vaksin booster dengan prioritas untuk lansia dan kelompok rentan” jelas Presiden Jokowi dalam konferensi persnya Selasa 11/1/2022.

“Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh mengingat covid19 kini telah bermutasi menjadi menjadi beberapa jenis termasuk omicron, untuk itu, saya putuskan vaksin booster ini gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia, karena kesehatan dan keselamatan tentu hal utama untuk semua warga Indonesia” lanjut Presiden Jokowi.

BPOM sendiri sudah mengumumkan sebelumnya tentang 5 jenis vaksin covid-19 yang sudah dinyatakan aman, halal, dan akan dipakai di Indonesia yaitu Sinovac, Pfizer, Moderna, Astrazeneca, dan Zifi Vax. Pemberian vaksin covid-19 sendiri bisa diberikan berbeda, misalnya pada vaksin covid-19 dosis pertama dan kedua mendapatkan jenis vaksin Sinovac, pada vaksin booster bisa mendapatkan vaksin Moderna, sebab semuanya memiliki cara kerja sebagai penguat imun dan penangkal virus yang sama, perbedaan namanya hanyalah dari pembuatnya atau perusahaannya yang berbeda.

Sebelumnya pemerintah sempat mengumumkan pemberian vaksin booster ini akan dibagi menjadi system gratis dan berbayar. Warga negara Indonesia yang bisa menerima vaksin booster gratis hanya yang termasuk kelompok penerima bantuan iuran BPJS Kesehatan, selain kategori tersebut, masuk ke dalam sistem bayar sekitar Rp 300.000.

Rencana tersebut pun banyak dikeluhkan dimana vaksin covid-19 kini menjadi salah satu kebutuhan di tengah pandemic, jika harus membayar, tentu hanya golongan tertentu saja yang memiliki uang lebih yang bisa vaksin, dan resikonya varian omicron ini akan lebih mudah menyebar.

Atas dasar pertimbangan demi kesehatan semua warga, agar semua warga Indonesia apapun kondisi ekonominya bisa memiliki layanan vaksin booster yang sama, semua sama-sama memiliki imun yang kuat dan sama-sama punya benteng untuk menangkal omicron, maka diputuskan vaksin booster ini gratis.

Mulai hari ini Rabu 12/1/2022 semua warga negara Indonesia, yang sudah vaksin covid-19 pertama dan kedua minimal 6 bulan yang lalu, sudah boleh mengajukan diri untuk mendapatkan vaksin booster di Puskesmas terdekat dan seluruh akses layanan kesehatan milik Pemerintah lainnya.

Baca Juga : Vaksin Booster Covid-19 Akan Diberikan Mulai 12 Januari, Gratis atau Bayar?