Jokowi Nyatakan Vaksin Booster Gratis, Ini Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Melakukan Vaksin Dosis Ketiga!

Presiden Jokowi telah memastikan bahwa vaksin booster atau Vaksin dosis ketiga untuk masyarakat Indonesia akan diberikan secara gratis dan akan dimulai pada hari Rabu (12/1/2022). Simak Informasi Lengkapnya!

Jokowi Nyatakan Vaksin Booster Gratis, Ini Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Melakukan Vaksin Dosis Ketiga!
Vaksin Booster Gratis. Gambar: Unsplash.com/ Mufid Majnun

BaperaNews - Presiden Jokowi telah memastikan bahwa vaksin booster atau Vaksin dosis ketiga untuk masyarakat Indonesia akan diberikan tanpa dipungut biaya alias gratis. Jokowi pun memastikan vaksin booster ini akan dimulai hari ini, Rabu (12/1/2022).

"Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia. karena sekali lagi keselamatan rakyat yang utama," ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara seperti dikutip dari akun Youtube Setkab, Selasa (11/1).

Sebelumnya pemerintah memiliki tiga opsi terkait program vaksin booster ini, yakni program pemerintah, penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan, dan mandiri atau berbayar. Namun akhirnya pemerintah menggratiskan vaksin booster atau dosis ketiga Covid-19 dengan didasarkan pada kepentingan keselamatan masyarakat.

Terkait dengan pemberian dosis pada hari ini, pemerintah akan memberikan prioritas kepada kelompok rentan dan lanjut usia (lansia).

"Upaya ini penting meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat, mengingat virus covid yang terus bermutasi," ujar Jokowi.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) sebelumnya juga mengungkapkan alasan mengapa ada pemberian vaksin virus corona (Covid-19) dosis lanjutan atau vaksin booster perlu dilakukan oleh pemerintah saat ini.

Baca Juga: Resmi! Vaksin Booster Dimulai Hari Ini, Jokowi Pastikan Gratis

Kepala BPOM Penny K Lukito menyampaikan bahwa titer antibodi yang didapatkan warga pasca vaksinasi Covid-19 terpantau mengalami penurunan, sehingga dibutuhkan suntikan antigen baru melalui vaksin booster untuk memberikan perlindungan tambahan.

"Data imunogenisitas dari pengamatan hasil uji klinik dari semua vaksin Covid-19 menunjukkan adanya penurunan kadar antibodi yang significantly menurun sampai di bawah 30 persen, terjadi setelah 6 bulan pemberian vaksin primer yang lengkap," kata Penny dalam konferensi pers, Senin (10/1).

Sebelum melakukan vaksinasi booster ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui seperti jenis vaksin booster yang dipergunakan. Penyuntikan vaksin booster tersedia 5 jenis produk vaksin Covid-19. Kelima vaksin tersebut adalah Corona-Vac (Sinovac), Pfizer, AstraZeneca, Moderna, Zifi Vax.

Selain itu, skema pemberian vaksin booster gratis ini menggunakan skema booster homologous dan heterologous. Vaksin booster homologous adalah pemberian dosis vaksin 1-3 menggunakan platform dan merek yang sama. Sedangkan vaksin booster heterologous merupakan pemberian vaksin dosis ketiga berbeda dengan pemberian vaksin dosis 1 dan 2.

Pada program vaksinasi booster gratis ini diprioritaskan pada kabupaten/kota yang capaian vaksinasi dosis pertama sebesar 70 persen dan 60 persen untuk dosis 2.

Baca Juga: Mendagri Tito Karnavian Himbau Percepat Vaksinasi Untuk Mendukung PTM Penuh