PDIP Resmi Umumkan Pasangan Airin-Ade Maju di Pilgub Banten 2024

PDIP resmi mengusung Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Banten 2024.

PDIP Resmi Umumkan Pasangan Airin-Ade Maju di Pilgub Banten 2024
PDIP Resmi Umumkan Pasangan Airin-Ade Maju di Pilgub Banten 2024. Gambar : Syawal Darisman/kumparan

BaperaNews - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Banten semakin menarik perhatian. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah resmi mengusung pasangan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi sebagai calon gubernur dan wakil gubernur.

Pengumuman ini disampaikan oleh Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, pada Senin (26/8).

"Banten Ibu Airin Rachmi Diany tepuk tangan yang meriah, didampingi oleh Ade Sumardi Ketua DPD PDI Perjuangan Banten," ungkap Hasto Kristiyanto.

Ini menunjukkan bahwa dukungan untuk pasangan ini sangat kuat, meskipun ada berbagai tantangan yang harus dihadapi.

Dalam konteks ini, Hasto menegaskan bahwa Banten sudah "bergelora" untuk mendukung pasangan tersebut.

"Jadi Banten ini sudah bergelora, kemarin rakyat sudah mengukuhkan pasangan ini meskipun ada hambatan kiri kanan tetapi harus punya fighting spirit," ucapnya. 

Pasangan Airin dan Ade sebelumnya dideklarasikan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur di Hall 1 ICE BSD, Tangerang, pada Minggu (25/8).

Airin, yang merupakan kader Partai Golkar, kini mendapatkan dukungan dari PDIP meskipun tidak mendapatkan rekomendasi dari partainya sendiri. 

Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah, menjelaskan bahwa dukungan kepada Airin dan Ade merupakan hasil penjajakan yang telah dilakukan selama kurang lebih dua bulan.

Baca Juga: Potret Senyum Semringah Anies Saat Bertandang ke Markas PDIP Jakarta

"Politik adalah momentum, momentum rakyat, momentum mahasiswa bersama-sama untuk memperbaiki jalannya kehidupan berbangsa dan bernegara kita, maka ini adalah momentum terbaik untuk Ibu Airin dan Pak Ade untuk deklarasi," ujarnya dalam orasi politiknya di ICE BSD.

Selain pasangan Airin dan Ade, PDIP juga menyerahkan rekomendasi kepada delapan pasangan bakal calon bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota se-Provinsi Banten. Ini menunjukkan bahwa PDIP berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam Pilkada 2024 di Banten.

"Kesimpulan yang kami laporkan kepada Ibu Megawati bahwa berdasarkan serap aspirasi dari teman-teman PAC, Ranting, DPC, DPD, mereka mengusulkan agar melakukan kerja sama politik dengan Partai Golkar," ungkap Ahmad Basarah.

Ini menunjukkan bahwa meskipun ada perbedaan, PDIP tetap berusaha untuk menjalin kerja sama demi kepentingan masyarakat.

Airin Rachmi Diany sendiri menyampaikan rasa syukur atas dukungan yang diberikan oleh PDIP.

"Mudah-mudahan (surat) B1 KWK tetap di saya. Tetapi apa pun itu namanya politik kita, selaku kader Partai Golkar memahami dinamika yang terjadi," ungkapnya. Ini menunjukkan sikap positif Airin dalam menghadapi situasi politik yang dinamis.

Dengan dukungan dari PDIP, Airin berharap ini menjadi jalan terbaik untuk masuk dalam Pilkada Banten.

"Segala kekurangan atas kemarin surat penugasan untuk mencari pasangan calon wakil sudah dilakukan dan saya dapat Pak Ade serta SK sudah keluar pada zaman Pak Airlangga," tambahnya.

Baca Juga: DPD PDI-P Akan Bantu Jembatani Anies dengan Megawati